Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id
alt
Ustadz Dr. H. Saidul Amin Lc., M.A.sedang memberikan tausiyah
Bertempat di Ruang sidang utama Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, selasa tanggal 12 Desember 2017 pukul 10.15 WIB, Pengurus Mushalla Al Mahkamah mengadakan tausiyah agama untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H dengan menghadirkan ustadz Dr. H. Saidul Amin Lc., M.A.
Dalam tausiyahnya, Al Ustadz menjelaskan bahwa fungsi Rasulullah adalah sebagai sosok teladan untuk ditiru umat manusia sehingga sosok yang menjadi Rasul Allah SWT semestinya adalah manusia biasa yang sama dengan kaum yang di pimpinnya, bukan dari golongan malaikat. Seorang Rasul mestilah orang luar biasa pilihan Allah Tuhan semesta alam yang mencakup kepribadian luar biasa, ajaran yang luar biasa untuk di amalkan sehari-hari, dan Rasul hanya berlindung kepada Dzat yang luar biasa, yaitu Allah SWT.
alt
Beliau juga menjelaskan bahwa hakikat dalam agama islam itu ada 4 inti, yakni sebagai berikut :
a. Ilahiyyah (bahwa islam merupakan agama yang bersumber dari Allah SWT, semua yang dikatakan Allah adalah benar)
b. Insaniyyah (apa yang dikatakan dalam Islam pasti sesuai dengan fitrah manusia, tidak bertentangan dengan jiwa manusia)
c. Wasathiyyah (bahwa Islam merupakan agama yang mengajarkan keseimbangan antara kebutuhan rohani dan jasmani)
d. Waqi'iyyah (bahwa ajaran Islam adalah up to date, selalu sesuai dengan perkembangan zaman).
Semoga dengan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dapat meningkatkan keimanan kita dan menjadikan Rasulullah sebagai teladan kita dalam kehidupan sehari-hari.