Rabu, 6 Juni 2018, Memasuki hari ke-21 bulan Ramadhan 1439 H, keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru melaksanakan buka puasa bersama. Bertempat di ruang sidang utama PTA Pekanbaru, seluruh unsur pimpinan, hakim tinggi serta para pegawai membaur menjadi satu sejak pukul 17.00 WIB. Seperti tahun lalu, buka puasa bersama tersebut dihadiri oleh para pejabat dari PA Pekanbaru, PA Pangkalan Kerinci, dan PA Bangkinang. Kegiatan ini bukan pertama kalinya diselenggarakan PTA Pekanbaru, hampir setiap ramadhan tiba,  buka bersama menjadi agenda rutin yang secara spontanitas dirindukan untuk kembali dilakukan.

Yusrizal Kd, A.Md., SH., MH, selaku pembawa acara membuka dan meyampaikan urutan acara sore itu, dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru, Drs. Busra S.H., M.H. Dalam sambutan singkatnya beliau mengajak pada semua yang hadir untuk mendengarkan dengan baik ceramah yang akan disampaikan oleh Dr. H. Saidul Amin, Lc, M.A, untuk dapat diambil hikmah dan pelajaran untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian acara dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Dr. H. Saidul Amin, Lc., M.A. Dalam ceramahnya, ada beberapa point penting yang disampaikan, diantaranya ada amalan sederhana yang dapat mengabulkan doa-doa kita, yakni senantiasa beristighfar seperti kisah dikabulkannya doa tukang roti karena beristighfar, yang berdoa ingin bertemu dengan Imam Ahmad bin Hambal. Al-Qur’an adalah kitab suci yang cocok untuk dibaca oleh siapa saja dan dalam kondisi apa saja. Membacanya merupakan ibadah dan dapat menimbulkan ketenangan jiwa.

Setelah serangkaian acara berjalan  dengan khusuk dan khidmad, tibalah saat yang dinantikan yaitu berbuka bersama dengan menyantap sajian pembuka yaitu sepotong kue dan kurma, selanjutnya para jamaah melakukan sholat magrib berjamaah sebelum akhirnya menyantap hidangan buka bersama, dan acara diakhiri dengan bersama-sama menjalankan ibadah sholat isya dan tarawih berjamaah.