Setelah mendeklarasikan Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama, Pengadilan Agama Rengat Kelas I B terus memacu diri tanpa kenal lelah, bekerja sama, selama enam bulan dalam melengkapi baik dokumen-dokumen akreditasi maupun fasilitas-fasilitas pendukung dan pelayanan kantor Pengadilan Agama Rengat untuk memberi kenyamanan dan keamanan dalam pelayanan pencari keadilan.

Senin, 28 Mei 2018 sekitar Pukul 08.30 WIB Pengadilan Agama Rengat melaksanakan Opening Meeting Assesment Eksternal Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Tahun 2018 Pengadilan Agama Rengat Kelas I B bertempat di ruang sidang utama.

Kegiatan Opening Meeting dibawakan oleh Calon Hakim Aprina Chintya, S.H. Dalam Opening Meeting Ketua PA Rengat Drs. Muhdi Kholil, S.H., MA, MM menyampaikan sambutannya bahwa seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Rengat  telah berupaya keras dalam mengimplementasikan SAPM.

Kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu sambutan dari assessor eksternal badilag, Bapak Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., MM, yang menyampaikan bahwa meskipun saat ini gedung PA Rengat belum prototype, maka PA Rengat tidak boleh berkecil hati. Karena penilaian SAPM tidak hanya soal keadaan gedung dan ruangan, melainkan pemanfaatan ruangan yang ada semaksimal mungkin. dan rombongan. Selanjutnya Wakil Ketua Pekanbaru,  Drs. H. Busra, S.H., M.H. menyampaikan hal-hal penting dalam pelaksanaan assessment internal diantaranya bahwa assessor akan menilai implementasi APM dengan beberapa cara seperti menelusuri, mewawancarai dan menelaah. Beliau juga menyampaikan beberapa amanah dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, Drs. H. Alimin Pattawari, MH terkait dengan penerapan hukum acara dan kode etik hakim.

Acara kemudian ditutup dan setiap asesor kemudian mulai melakukan penilaian sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.