Selama tiga hari berturut-turut assesment eksternal melaksanakan tugas dalam rangka penilaian Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu PengadilanAagama pada PA. Rengat dan Pada  Rabu tanggal 30  Mei 2018 kegiatan ini ditutup melalui closing meeting pelaksanaan assesment sertifikasi akreditasi penjaminan mutu peradilan agama di Ruang Sidang  PA. Rengat yang diikuti oleh seluruh pegawai  beserta staf serta assessor eksternal badilag, Bapak Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., MM, dan asesor pendamping dari PTA. Pekanbaru  Yohan Fauzi Yulises, S. Ag., M.H., (Sekretaris PTA. Pekanbaru) dan Bapak Drs. Zulfikli  (Panitera Pengganti PTA. Pekanbaru).

Kegiatan closing meeting ini dibuka langsung oleh ketua SAPM Pengadilan Agama Rengat (Dr. Erlan Naofal) dan dalam kegiatan ini dihadiri juga Wakil Ketua PTA. Pekanbaru Bapak Drs. H. Busra, S.H., M.H.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian beberapa poin hasil assesmen eksternal yang langsung disampaikan oleh Lead Assessor Bapak Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., MM, yang pada intinya penjaminan mutu peradilan agama ini akan berjalan dan sukses apabila semua unsur saling mendukung dan kerjasama serta  adanya perencanaan yang matang dari awal tahun, sehingga kita dapat mengukur kinerja dan kendala yang ada serta mengetahui kelemahan dan kekuatan pengadilan agama.

Selanjutnya,  Wakil Ketua PTA. Pekanbaru, Drs. H. Busra, S.H., M.H. juga memberikan pengarahan kepada seluruh pegawai dan PPPK PA Rengat, khususnya kepada para hakim untuk menjaga nilai-nilai dan kode etik hakim. Acara dilanjutkan dengan penyerahan hasil asesmen oleh Lead Asesor Eksternal Bapak Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., MM kepada Ketua SAPM PA Rengat, Dr. Erlan Naofal, S.Ag, M. Ag. Dan terakhir acara ditutup dengan foto bersama Asesor Eksternal, Asesor Pendamping, Wakil Ketua PTA Pekanbaru, Ketua PA Rengat dan seluruh keluarga besar PA Rengat.