Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Sebagai tindaklanjut dari program dari Badilag untuk mewujudkan Peradilan Agung yang memberikan pelayanan maksimal dalam melaksanakan tupoksinya, yakni untuk mewujudkan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM), pada hari Kamis tanggal 5 Juli 2018, PTA Riau melaksanakan Deklarasi Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu yang dilaksanakan di Aula Utama PTA Riau dengan melibatkan seluruh personil mulai dari Pimpinan, Pejabat Fungsional dan Struktural, Staf dan Tenaga Kontrak. Acara ini juga dihadiri oleh tamu undangan yakni Ketua, Panitera dan Sekretaris atau perwakilan dari seluruh PA sewilayah Hukum PTA Riau.

Acara diawali dengan kata sambutan dari Ketua SAPM PTA Pekanbaru yakni Wakil Ketua PTA Riau Drs. H. Busra, SH., MH. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan program SA{M PTA Riau didasarkan pada SK Ketua PTA Riau Nomor W4-A/69/OT.00/1/2018 tanggal 2 Januari 2018. Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) merupakan salah satu upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan Pengadilan Agama/ Pengadilan Tinggi Agama. Unsur yang dinilai dalam SAPM adalah administrasi Manajemen, administrasi Kepaniteraan, administrasi Kesekretariatan dan administrasi Sarana dan Prasarana. PTA Riau telah mempersiapkan diri mengikuti program ini sejak awal tahun 2018. Deklarasi SAPM PTA Riau baru dapat dilaksanakan pada hari karena konsentarsi PTA Riau lebih dominan dalam membimbing dan mengawasi program SAPM di PA sewilayah PTA Riau dalam tahap pertama tahun 2018. Ucapan terimaksih untuk Bapak Ketua PTA Riau yang telah memimpin dan mengarahkan pelaksanaan SAPM dan semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan program SAPM di PTA Riau dan PA sewilayah PTA Riau.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan Deklarasi dan Penandatanganan Komitmen yang diikuti oleh seluruh personil PTA Riau sebagai bentuk komitmen masing-masing untuk melaksanakan SAPM di PTA Riau. dalam deklarasi ini juga didengungkan yel-yel sebagai penyemangat dalam melaksanakan SAPM yakni :

Bumi Bertuah Negeri Beradat, Berpancang Amanah Bersauh Marwah

PTA Riau,Jaya, Jaya, Jaya

SAPM, Bisa, Bisa, Kita Bisa

Sekali layar terkembang, pantang surut kebelakang

Diakhir acara diisi dengan sambutan dari Ketua PTA Riau Dr. H. Alimin Patawari, SH., MH., antara lain menyampaikan : bahwa dalam mewujudkan SAPM di PTA Riau haruslah dilaksanakan dengan pasti dan pebuh semangat, tidak hanya sekedar mengejar sertifikat SAPM saja, akan tetapi yang paling pentingdalam penerapannya. Deklarasi dan penandatangan komitmen yang telah dilaksanakan oleh seluruh personil PTA Riau merupakan hutang dan janji masing-masing untuk mewujudkan SAPM. Diharapkan kedepannya, dengan komitmen bersama untuk mewujudkan SAPM, PTA Riau dapat memberikan pelayanan maksimal dalam menjalankan tupoksi. Ucapan terimakasih kepada seluruh personil yang telah bekerja keras, tidak hanya dalam persiapan deklarasi ini, tetapi telah memulai bekerja keras memenuhi kriteria terpenuhinya SAPM dari awal SAPM mulai didengungkan.

Dengan semangat dan komitmen bersama, semoga SAPM di PTA Riau berjalan dengan lancar dan sukses, dan PTA Riau semakin Berjaya dengan SAPMnya. PTA Riau, Jaya, Jaya, Jaya, SAPM, Bisa, Bisa, Kita Bisa. (Humas PTA Riau)