Setelah Acara Deklarasi SAPM PTA Riau dan Halal Bihalal yang dilaksanakan pada hari Kamis 5 Juli 2018, pukul 13.30 PTA Riau mengadakan rapat pembinaan / koordinasi dan konsultasi dengan PA Sewilayah Hukum PTA Riau. Rapat dihadiri oleh Hakim Tinggi PTA Riau, Pejabat Struktural dan Fungsional PTA Riau dan seluruh Pimpinan Pengadilan Agama di Wilayah Hukum PTA Riau.

Rapat pembinaan / koordinasi dan konsultasi diisi dan diberikan oleh Ketua PTA Riau Dr. H. Alimin Patawari, SH., MH, Wakil ketua PTA Riau Drs. H. Busra, S.H, M.H, Panitera PTA Riau Drs. H. Syamsikar dan Sekretaris PTA Riau Yohan Fauzi Yulises, S.Ag., MH. Dari hasil pembinaan yang diberikan dapat disimpulkan poin yang menjadi perhatian utama yaitu :

  1. Menegakkan disiplin kerja, terutama displin kerja setelah cuti bersama.
  2. Delapan Pengadilan Agama di Wilayah Hukum PTA Riau yang ikut program SAPM Gelombang I Tahun 2018 dan telah diassessment oleh assessor Badilag, akan menerima Sertifikasi Akreditasi Penjamin Mutu yang akan dilaksanakan penyerahanannya di Balikpapan Kalimantan Timur pada tanggal 13 Juli 2018. Kepada Pengadilan Agama yang telah memperoleh Sertifikasi Akreditais Penjamin Mutu agar senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan. Dan untuk Pengadilan Agama yang belum di assessment oleh assessor Badilag pada gelombang ini, agar dapat mendaftar pada gelombang berikut nya.
  3. Melakukan pemutakhiran dan pengakuratan data SIPP. Agar dapat melengkapi data-data yang ada di SIPP, menggunakan versi terbaru dan tertib melakukan singkronisasi data.
  4. Menyikapi PERMA NO. 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara secara Elektronik. PTA Riau telah membuat Tim Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan PERMA No. 3 Tahun 2018.
  5. Pelaksaan Mediasi agar sesuai dengan aturan PERMA NO. 1 Tahun 2016.
  6. PA Pekanbaru dan PA Bangkinang yang telah menerima Sertifikasi Akreditasi Penjamin Mutu pada tahun 2017, akan dilakukan Audit Surveillance pada tahun ini. Agar kedua PA tersebut dapat mempertahankan dan meningkatkan nilai dari nilai sebelumnya.
  7. PTA Riau akan mengikuti penilaian SAPM PTA pada Gelombang II Tahun 2018.
  8. PTA Riau akan melaksanaan Bimbingan SAPM kepada Pengadilan Agama sewilayah Hukum PTA Riau.
  9. Mempercepat realisasi anggaran dan memanfaatkan anggaran yang ada dengan sebaik-baiknya mengingat saat ini sudah memasuki pertengahan tahun.
  10. Tetap memperhatikan tugas-tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI), jangan sampai terlena karena sibuk mempersiapkan akreditasi. 

Dengan adanya rapat ini, maka diharapkan kedepannya PTA Riau dan Pengadilan Agama diwilayah hukum PTA Riau dapat melaksanakan tugas-tugas dengan sebaik-baiknya. Dan PTA Riau dan Pengadilan Agama diwilayah Hukum PTA Riau dapat Terakreditasi dengan Predikat Terbaik.  Sesuai dengan Yel-yel PTA Riau, Bumi Bertuah Negeri Beradat, Berpancang Amanah Bersauh Marwah, PTA Riau Jaya-Jaya, SAPM Bisa Bisa Kami Bisa, Sekali Layar Terkembang Pantang Surut ke Belakang.