Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Bertempat di halaman Kantor PT Pekanbaru, Minggu, 19 Agustus 2018 dilaksanakan Apel Peringatan HUT Mahkamah Agung RI ke-73 yang diikuti oleh seluruh personil dari PT Pekanbaru, PTA Pekanbaru, PN Pekanbaru dan PA Pekanbaru dan Pegadilan Tata Usaha Negara Pekanbaru. meskipun bertepatan dengan hari libur yakni hari minggu, peserta apel yang hadir tetap ramai memenuhi halaman kantor PT Pekanbaru sebagai tempat pelaksanaan apel. Seluruh peserta apel yang hadir berpakaian olehraga sesuai dengan isi surat dari Sekretaris Mahkamah Agung tanggal 9 Agustus 2018 Nomor 1074/SEK/HM.01.2/08/2018 perihal Upacara Bendera Memperingati HUT Mahkamah Agung RI Ke-73.

Yang bertindak sebagai Pembina Apel adalah Ketua PT Pekanbaru H. Adam Hidayat Abu Atiek, SH., MH yang dalam apel tersebut membacakan amanat  Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH, antara lain berisi tentang bahwa peringatan hari jadi Mahkamah Agung ini bukan hanya sekedar ajang seremonial yang kita selenggarakan setiap tahun, namun lebih dari itu momentum ini harus menjadi bahan renungan dan evaluasi bagi kita semua terhadap apa yang telah kita capai dan lakukan selama satu tahun kebelakang. Peringatan hari jadi Mahkamah Agung ke-73 yang bertepatan dengan hari libur ini, kita laksanakan dengan nuansa berbeda uaitu dengan menghadirkan suasana olahraga.

Faktor integritas dan profesionalitas aparatur menjadi indicator utama dalam membangun kepercayaan publik. Seiring dengan semakin baiknya pelayanan yang diberikan oleh lembaga peradilan kepada masyarakat dan para pencari keadilan, maka kepercayaan public berangsur-angsur akan terus meningkat. Yang menjadi tolok ukur utama bagi peradilan adalah mampu memberikan putusan yang berkualitas bagi pihak-pihak yang berperkara.

Mahkamah Agung mendorong pemanfaatan teknologi informasi sebagai bagian dari modernisasi lembaga peradilan yang dapat membantu mengatasi lembaga peradilan yang dapat membantu mengatasi segala hambatan dan rintangan demi tercapainya peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan. Pada tanggal 4 April 2018, Mahkamah Agung telah melakukan lompatan besar di bidang transformasi teknologi dengan menerbitkan Perma Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik, yang memberikan payung hukum bagi implementasi aplikasi e-court dengan tiga fitur yaitu pendaftaran perkara, pembayaran panjar uang perkara dan penyampaian pemberitahuan dan pemanggilan persidangan secara elektronik.

Dengan semua upaya yang telah kita lakukan dalam mendukung reformasi lembaga peradilan khususnya dalam pemanfaatan teknologi informasi oleh lembaga peradilan di Indonesia, maka dalam momentum Hari Jadi Mahkamah Agung ke-73 ini, saya canangkangkan Era Baru Peradilan Modern berbasis Teknologi Informasi. Selamat Hari Jadi Mahkamah Agung ke-73 kepada seluruh warga Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Pelaksanaan apel peringat HUT Mahkamah Agung ditutup dengan pembacaan do’a. Kegiatan dilanjutkan dengan senam pagi bersama seluruh peserta apel dan ditutup dengan pemberian doorprize kepada peserta apel yang hadir. (Humas PTA Pekanbaru)