Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Bertempat di Aula Utama PTA Pekanbaru, Kamis 24 Agustus 2018 sekitar pukul 12.00 WIB dilaksanakan Openening  Meeting Assessment Eksternal terhadap Pelaksanaan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu  (SAPM) di PTA Riau. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh personil PTA Riau. Tim assessor eksternal yang hadir adalah Bapak Drs. H. Andi Kurniawan, MM; Bapak Akhmad Sahid, SH; dan Bapak Wahyu Setyana, SH. Kegiatan ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Acara diawali dengan sambutan oleh Ketua PTA Riau Bapak Dr. H. Alimin Patwari, SH., MH. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa tujuan dari utama dari SAPM adalah untuk memastikan bahwa apa yang telah menjadi SOP dalam pelaksanaan tupoksi benar-benar telah dilaksanakan, untuk membuktikannya apakah benar-benar sudah dilakukan oleh satker tersebut maka dilakukan assessment. Untuk membuktikan apakah tujuan SAPM benar-benar telah tercapai. Yakni yang paling utama adalah memberikan kepuasan untuk para pencari keadilan. Sehingga bukan semata-mata hanya mengerjar sertifikatnya saja, tapi yang menjadi tujuan utama adalah kenyataan pelaksanaan tupoksi, harus terlaksanan dengan sebaiknya. Sehingga diharapkan antara kenyataan pelaksanaan tupoksi terhadap kepuasan masyarakat dan terpenuhinya semua dokumen dan sarana prasarana pendukung di satker sama-sama seiring sejalan pdalam pemenuhannya.

Wakil Ketua PTA Riau Bapak Drs. H. Busra, SH., MH selaku Ketua Tim SAPM PTA Riau dalam laporan pelaksanaanntya menyampaikan bahwa persiapan pelaksanaan SAPM di PTA Riau sudah dimulai dari akhir tahun 2017 pada saat penilaian tahap I SAPM. dan pada tanggal 5 Juli 2018 PTA Riau telah melaksanakan deklarasi terhadap komitmen untuk mewujudkan SAPM di PTA Riau. Meskipun PTA Riau tidak sempat mengikuti SAPM tahap II, dan memilih untukmengikuti SAPM tahap III, hal ini semata-mata karena pertimbangan dari PTA Riau untuk mempersiapkan diri dengan lebih matang lagi dalam mengikuti program ini. PTA Riau juga sudah melaksanakan Pencanangan Zona Integritas pada tanggal 15 Agustus 2018 sebagai bagian dari pelaksanaan SAPM. Dengan ini PTA Riau menyatakan siap untuk di assessment oleh assessor eksternal dari Badilag.

Salah satu dari anggota Tim Assessor Ekternal Badilag Bapak Drs. H. Andi Kurniawan MM, dalam acara ini menyampaikan sambutannya, antara lain menyampaian alasan dicanangkan Akreditasi Penjaminan Mutu adalah untuk membuktikan satker tersebut benar-benar telah bekerja dan berkinerja sesuai dengan tupoksinya. Bahwa nilai dari assessment menjadi tolak ukur suatu satker apakah sudah maksimal dalam menjalankan tupoksinya. Denga adanya keterbatasan pelaksanaan assessment dan tenaga assessor, maka tidak semua satker dapat diasessment. Yang perlu diingta adalah dalam melaksanakan program SAPM ini tidak hanya mengejar kuantitas akan tetapi juga kualitas.

Acara ditutup dengan pembacaan do’a. Semoga dari penilaian yang dilaksanakan PTA Riau dapat memberikan hasil yang memuaskan. (Humas PTA Riau)