Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Sabtu, 25 Agustus 2018 dilaksanakan Closing Meeting Eksternal Terhadap Pelaksanaan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) di PTA Riau yang dilaksanakan di Aula Utama PTA Riau. Acara dihadiri oleh seluruh personil PTA Riau dan Tim Assessor Nasional. Meskipun dilaksanakan di hari libur kerja, tapi tidak menyurutkan personil dari PTA Riau untuk hadir dalam acara ini, sebagai salah satu bukti komitmen dari PTA Riau untuk mensukseskan program SAPM. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri.

Ketua tim assessor nasional yakni Bapak Drs. H. Andi Kurniawan, MM membuka pertemuan ini dengan menyemapikan beberapa hal terkait dengan penilaian yang telah dilakukan bersama tim di PTA Riau, antara lain dari assessment yang telah dilaksanakan, tim assessor tidak diperbolehkan untuk menyampaikan hasil dari penilaian. Karena nilai akan dibacakan pada saat acara penyerahan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu nantinya yang dijadwalkan dilaksanakan pada bulan September tahun 2018 untuk yang memperoleh nilai A dan B. Dari penilaian yang telah dilakukan, terdapat temuan-temuan yang harus diperbaiki. Karena penilaian ini akan ada tindaklanjutnya yakni tim surveyot yang akan memeriksa temuan tersebut telah ditindaklanjuti atau belum oleh satker yang bersangkutan. Ada banyak satker yang telah mendapat nilai SAPM A dan B, akan tetapi baru ditahap pengumpumpulan dokumen, sementara implementasi belum terlaksanan maksimal, sehingga diharapkan hal tersebut diperbaiki dan tidak ditemui lagi kedepannya. Dari satker-satker yang sudah dinilai, diharapkan tidak hanya mengejar sertifikat saja.

Ketua Tim SAPM PTA Riau Bapak Drs. H. Busra, SH., MH menyampaikan beberapa hal di acara ini. Menanggapi paparan dari Ketua Tim Assessor Nasional yang telah memberikan pencerahan dihadapan seluruh personil PTA Riau, untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya. Bahwa substansi dari SAPM adalah kinerja yang baik. Kekurangan-kekurangan  yang menjadi catatan dari tim assessor setelah penilaian akan segera ditindaklanjuti. Tujuan SAPM adalah untuk mewujudkan perubahan dan perbaikan berkesinambungan di peradilan menuju tata kelola yang lebih baik. Sehingga visi untuk terwujudnya Badan Peradilan Yang Agung dapat dicapai. Untuk mewujudkan visi tersebut maka harus memenuhi 4 hal yakni menjaga kemandirian, memberikan pelayan terbaik, meningkatkan kualitas kepemimpinan, kredibilitas dan transparansi selalu ditingkatkan.

Dipenghujung acara, Ketua PTA Pekanbaru Bapak Dr. H. Alimin Patwari, SH., MH menyampaikan beberapa pengarahan, antara lain kedepannya PTA Riau harus bisa meningkatkan apa yang sudah dicapai pada saat ini. Penilaian ini bukanlah akhir untuk berbuat maksimal dalam mejalankan tupoksi, tetapi harus selalu berkesinambungan untuk selalu bekerja lebih baik lagi kedepannya. Kalau bekerja sesuai dengan komitmen yang telah dibuat, maka tujuan pelaksanaan tupoksi akan terwujud dengan maksimal. Janji yang sudah diucapkan adalah suatu hal yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dari semua kerjasama dan kerja kerja keras bersama, maka diharapkan dapat memberikan hasil terbaik. Terimakasih yang tak terhingga dari pimpinan PTA Riau (Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris) kepada seluruh jajaran PTA Riau (Hakim Tinggi, seluruh tim SAPM, seluruh pejabat struktural, pejabat fungsional, karyawan dan karyawati) yang telah bekerja keras mensuskeskan pelaksanaan SAPM sampai dilakukannya assessment eksternal yang ditutup pagi ini di PTA Riau. Semoga Allah SWT membalas membalas semua amal baik Bapak, Ibu dan kita semua. Dan semoga hasil kerja ini berpuncak dengan diterimanya sertifikat SAPM di Denpasar, Bali yang direncanakan pada tanggal 12 September 2018dari Ketua Mahakamah Agung RI.

Diakhir acara dilakukan penyerahan hasil assessment dari Ketua Tim Assessor kepada Ketua PTA Riau. Ini catatan yang harus diperbaiki/ disempurnakan oleh PTA Riau. Nilai dari assessment masih menjadi rahasia tim assessor untuk PTA Riau menjelang penyerahan sertifikat yang dijadwalkan akan diserahkan di Denpasar. Semoga berhasil dengan nilai terbaik.acara ditutup dengan pembacaan do’a dan foto bersama. (Humas PTA Riau)