Bertempat di Hotel ALPHA Pekanbaru, 27 Agustus 2018, dilaksanakan acara Pembukaan Kegiatan Penyempurnaan Rencana Kerja Anggaran Kementerian / Lembaga) (RKA-KL) PAGU Anggaran Tahun 2019 Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Dibawahnya Wilayah Provinsi Riau dan Kepulauan Riau. Kegiatan Penyempurnaan RKA-K/L yang dilaksanakan mulai tanggal 27-29 Agustus 2018, berdasarkan Surat Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 727/SEK/OT.01.1/VIII/2018 tentang Pelaksanaan RKA-K/L Pagu Anggaran Tahun 2019. Hal ini merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) dan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor. B. 400/M/PPN/D.8/KU.01.01/07/2018 dan Nomor S-536/MK.02/2018 tentang Pagu Anggaran Kementerian / Lembaga dan Penyelesaian Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian / Lembaga Tahun Anggaran 2019.\

 

 

Dalam Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua PT Pekanbaru  H. Adam Hidayat A, S.H, M.H, Ketua PTA Pekanbaru yang diwakili oleh Drs. H. Masnur Yusuf, S.H, M.H, Pejabat Struktural PT dan PTA Pekanbaru, Panitera, Sekretaris dan Operator RKA-KL Pengadilan di Wilayah Provinsi Riau dan Kepulauan Riau. Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Joko Upoyo Pribadi, S.H dan Kabag Rencana dan Anggaran Mahkamah Agung, Kasubag Anggaran dan Perbendaharaan Dirjen Badilum dan Badilag, Serta Perwakilan dari Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan.

Acara diawali laporan dari Ketua Panitia Pelaksana, yakni Maiyefi, SE,M.SI (Sekretaris PT Pekanbaru). Dalam laporannya jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 99 Orang dan anggaran yang digunakan dalam kegiatan ini bersumber dari DIPA masing-masing unit kerja.  Selanjutnya Acara Pembukaan yang secara resmi dibuka oleh Ketua PT Pekanbaru, H. Adam Hidayat A, S.H, M.H. Dalam sambutannya Beliau mengucapkan selamat datang kepada semua Peserta dan Narasumber yang hadir. Penyempurnaan RKA-K/L Merupakan Kegiatan yang rutinitas setiap tahun Dilaksanakan, guna menyiapkan Rencana Kerja Anggaran untuk tahun yang akan datang, yang tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan. Diharapkan kepada semua hadir untuk berkomitmen bersama, memberikan yang terbaik dalam menyusun anggaran, dengan mempertimbangkan memenuhi kebutuhan-kebutuhan sesuai skala prioritas masing-masing bagian.

Selanjutnya Kata Sambutan dari Kepala Biro Perencanaan Mahkamah Agung Joko Upoyo Pribadi, S.H. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Anggaran untuk Mahkamah Agung Tahun 2019 yang disetujui sekitar 8,2 Triliun. Meskipun jumlah anggaran yang disetujui tidak sesuai harapan, hal itu bukan menjadi kendala bagi kita untuk memberikan kinerja dengan baik. Terbukti dengan adanya Akreditasi, PTSP dan E-Court. Dengan memanfaatkan anggaran yang ada secara maksimal, efisien dan tepat sasaran maka kinerja pelayanan publik pun semakin meningkat. Hal ini sesuai dengan fokus anggaran saat ini yakni berbasis kinerja, yang mana mengutamakan peningkatan pelayanan publik.

 Selanjutnya Penyerahan ADK RKA-KL yang akan disempurnakan dari Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi kepada Sekretaris PT Pekanbaru dan PTA Pekanbaru. Acara ditutup dengan pembacaan doa di pimpin oleh Sekretaris PA Rengat, H. Mustaming, S.Sos. Dengan adanya penyempurnaan RKA-KL ini diharapkan perencanaan anggaran yang dilakukan dapat dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan harapan, meminimalisir terjadi revisi anggaran akan berdampak terhadap penilaian kinerja dalam penyerapan anggaran.