Bengkalis||www.pa-bengkalis.go.id

Rabu (05/09/2018) telah resmi dilantik Ketua baru Pengadilan Agama Bengkalis. Bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, pelantikan Ketua baru Pengadilan Agama Bengkalis dan 3 orang Ketua Pengadilan Agama lainnya di wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru Dr. H. Alimin Pattawari, S.H., M.H. Adapun yang mendapat amanah menjadi Ketua di Pengadilan Agama Bengkalis adalah sosok yang telah dikenal baik oleh keluarga besar Pengadilan Agama Bengkalis, beliau adalah Wakil Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Khoiriyah Roihan, S.Ag., M.H., yang dipromosikan menjadi Ketua Pengadilan Agama Bengkalis yang baru. Dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah 4 orang Ketua Pengadilan Agama ini juga dilaksanakan acara serah terima jabatan dari Ketua yang lama kepada Ketua yang baru. Pengadilan Agama Bengkalis sendiri dalam acara serah terima ini langsung dari Ketua Pengadilan Agama Bengkalis yang lama Drs. M. Taufik, M.H., kepada Ketua Pengadilan Agama Bengkalis yang baru dilantik Khoriyah Roihan, S.Ag., M.H.

Ketua Pengadilan Agama Bengkalis yang baru dilantik Khoiriyah, S.Ag., M.H., sejatinya memiliki ikatan emosional yang kuat dengan Pengadilan Agama Bengkalis karena sebagian besar masa bakti beliau dihabiskan di Pengadilan Agama Bengkalis. Terhitung sejak tanggal 01 Maret 1999 wanita kelahiran Palembang 24 September 1974 ini telah memulai karirnya di Pengadilan Agama Bengkalis sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil. Perjalanan karir beliau di Pengadilan Agama Bengkalis dari tahun ke tahun semakin meningkat dengan dilantiknya ibu dari 3 orang anak ini menjadi Kepala Urusan Keuangan Pengadilan Agama Bengkalis pada tahun 2001, Jurusita Pengadilan Agama Bengkalis pada tahun 2002 dan Panitera Pengganti Pengadilan Agama Bengkalis pada tahun 2004. Setelah hampir 5 tahun menjabat sebagai Panitera Pengganti Pengadilan Agama Bengkalis, pada tahun 2009 beliau mendapat promosi sebagai Hakim Pengadilan Agama Sekayu setelah serangkaian tes Calon Hakim yang beliau ikuti. Dan dari Pengadilan Agama Sekayu inilah ibu Khoiriyah Roihan, S.Ag., M.H., memulai perjalanan karir sebagai calon pimpinan Peradilan Agama.

Di tahun 2013 lulusan pasca sarjana Hukum Ekonomi dan Bisnis Universitas Sriwijaya ini mutasi sebagai Hakim di Pengadilan Agama Batam, 2 tahun berselang takdir membawa beliau kembali ke Pengadilan Agama Bengkalis sebagai Hakim dan dalam waktu yang tak begitu lama ibu Khoiriyah Roihan, S.Ag, M.H., dilantik sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Bengkalis. Sebagai Wakil Ketua, ibu Khoiriyah Roihan, S.Ag, M.H., ikut berperan penting mendampingi Ketua Pengadilan Agama Bengkalis saat itu dalam memimpin Pengadilan Agama Bengkalis dalam mencapai visi dan misi dan meningkatkan prestasi Pengadilan Agama Bengkalis. Peran beliau sangat dirasakan dalam memotivasi seluruh pegawai Pengadilan Agama Bengkalis untuk meningkatkan kualitas individu dan Pengadilan Agama Bengkalis sendiri, dan salah satu yang sangat dirasakan adalah peran beliau sebagai Ketua Standar Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Pengadilan Agama Bengkalis sehingga  Pengadilan Agama Bengkalis berhasil meraih predikat A excellent dalam Sertifikasi Standar Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) baru-baru ini. Selamat menjalankan amanah baru ibu Khoiriyah Roihan, S.Ag., M.H., semoga ibu bisa membawa Pengadilan Agama Bengkalis menjadi Peradilan Agama yang lebih baik dan semakin berprestasi.          

***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***