Selatpanjang || www.pa-selatpanjang.go.id

Kamis, (05/08/2018) Elidasniwati, S. Ag., M.H., yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua Pengadilan Agama Pasir Pangarayan Kelas II dilantik sebagai Ketua Pengadilan Agama Selatpanjang Kelas II oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Riau Drs. H. Alimin Patawari, S.H., M.H., di Aula Utama Pengadilan Tinggi Agama Riau.

Selain pelantikan Elidasniwati, S.Ag.,M.H., sebagai Ketua Pengadilan Agama Selatpanjang turut dilantik pada prosesi pelantikan dan serahterima jabatan ini Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Ketua Pengadilan Agama Tarempa, Ketua Pengadilan Agama Natuna, Ketua Ujung Tanjung, Ketua Pengadilan Agama Bangkinang, Ketua Pengadilan Agama Dabo Singkep, Wakil Ketua Pasir Pangaraian, dan Hakim Tinggi PTA Riau.

Ketua PTA Riau Bapak Dr. H. Alimin Patwari, SH., MH., dalam sambutannya menyampaikan bahwa jabatan yang diamanatkan adalah suatu kehormatan dan kepercayaan pimpinan Mahkamah Agung, namun disisi lain jabatan merupakan tantangan, ujian, dan cobaan sekaligus godaan. Oleh sebab itu amanah dan kepercayaan yang telah diberikan hendaklah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Jabatan tersebut wajib dipertanggungjawabkan, kepada diri sendiri, kepada masyarakat, kepada atasan dan kepada Allah SWT.

Kepada Ketua Pengadilan Agama yang baru dilantik, juga diingatkan mengenai beberapa hal antara lain bahwa peran sebagai Ketua Pengadilan Agama sangat menentukan dalam mewujudkan cita-cita menuju peradilan yang agung, sehebat apapun sarana dan prasarana pengadilan, sebesar apapun anggarannnya, badan peradilan yang agung, mandiri, modern dan berwibawa tidak akan mudah tercapai tanpa keteladanan dan perhatian yang sungguh-sungguh dari pimpinannya. Selaku pimpinan agar selalu berkoordinasi dengan baik dalam merencanakan dan melaksanakan setiap kegiatan karena koordinasi yang baik merupakan salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan tugas pengadilan.

Beliau juga mengingatkan kepada seluruh jajaran Pengadilan Agama yang hadir dalam acara pelantikan ini agar terus meningkatkan kemampuan profesionalisme dibidang masing-masing, terus belajar baik secara formal maupun nonformal, agar senantiasa memelihara kekompakan dan semangat kebersamaan jiwa korsa yang tinggi, selalu menjaga dan memelihara perilaku dengan menumbuhkan rasa memiliki lembaga Peradilan Agama serta senantiasa menghindari sikap dan perilaku yang dapat menurunkan citra wibawa peradilan.

Acara Pelantikan dan Serahterima jabatan yang turut dihadiri oleh Afrizal, S.H Panitera dan H.Muhammad Nawawi, S.Ag. Sekretaris Pengadilan Agama Selatpanjang serta seluruh personil PTA Riau, Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama dalam wilayah PTA Riau dan Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Bapak Dr. H. Hasbi. Hasan, MH. ditutup dengan pembacaan doa dan ucapan selamat dari seluruh tamu undangan kepada Pejabat yang baru dilantik.