Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Pada bulan Oktober yang lalu, tepatnya mulai pada tanggal 2 oktober sampai dengan 15 Oktober 2018, Badilag mengadakan Lomba Pengelolaan Data dan E-Doc Aplikasi Backup Sikep sebagaimana tertuang dalam surat dari Dirjen Badilag Nomor 2696.a/DjA/HM.02.3/X/2018 tanggal 2 Oktober 2018. Permlombaan ini ditujukan untuk Pengadilan Tinggi Agama, Mahkamah Syariah dan Pengadilan Agama Se-Indonesia.

Sesuai dengan isi surat tersebut diatas, dijelaskan bahwa perlombaan ini dibagi berdasarkan Zona Satker, yakni Zona I dengan jumlah Pakurang dari 7, Zona II dengan jumlah PA 7-15, dan Zona III dengan jumlah PA diatas 15. PTA Pekanbaru dengan jumlah satker 16 PA (pada saat lomba dilaksanakan) masuk pada Zona III. Unsur yang dinilai adalah Kelengkapan Data E-Doc dan Validasi oleh PTA (34%), Kevalidan Data (33 %) dan Kevalidan E-Doc (33%).

PTA Pekanbaru dengan personil yang berkompeten menangani pengelolaan data dan e-doc apliaksi bacup Sikep, dengan kerjasama tim yang solid berhasil membawa PTA Pekanbaru pada peringkat pertama untuk Zona III dalam perlombaan ini, yang tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor : 179/DJA/HM.02.3/SK/X/2018 tentang Penetapan Pemenang Lomba Dan Penerima Penghargaan Pengelola Data Dan E-Doc Aplikasi Backup Sikep Dilingkungan Peradilan Agama Tahun 2018. Sedangkan untuk pengadilan tingkat pertama dalam wilayah PTA Pekanbaru, beberapa PA berhasil masuk dalam 6 besar pada Zona III yakni peringkat I PA Selatpanjang, peringkat II PA Dumai, peringkat III PA Bengkalis, peringkat IV PA Ujung Tanjung dan peringkat VI PA Natuna.

Pemenang perlombaan ini disampaikan pada saat dilaksanakan kegiatan Verifikasi & Validasi Data Kepegawaian Tahun 2018 yang dihadiri oleh Kasubag Keegawaian dan TI PTA Pekanbaru Yosi, S.Ag., MH pada tanggal 31 Oktober samapai dengan 2 November 2018 di Bali. Pada kegiatan ini diserahkan SK pemenang lomba untuk PTA Pekanbaru dan seperangkat komputer secara simbolis yang secara resmi akan diserahkan pada saat Rapat Koordinasi di awal tahun 2019, juga penyerahan Sk pemenang lomba untuk PA Selatpanjang sebagai peringkat I, PA Dumai sebagai peringkat II dan PA Bengkalis sebagai peringkat III.

Hal ini tentu saja menjadi salah satu prestasi yang membanggakan untuk PTA Pekanbaru. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan untuk kemudian hari, dan menjadi penyemangat untuk pelaksanaan tupoksi lainnya untuk dapat memberikan hasil yang terbaik. (Humas PTA Pekanbaru)