Hari Selasa, tanggal 22 Oktober 2018 M bersamaan dengan 13 Shafar 1440 H. Pengadilan Agama Pekanbaru menerima tamu dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Yaitu Bapak Arief Gunawan, S.H., M.H Kabag Perencanaan dan Keuangan dan Bapak Fajar Setiawan, S.Sos, Kasubbag Anggaran dan Perbendaharaan pada Ditjen Badilag Mahkamah Agung RI. Tujuan kedatangan Tim ini adalah untuk mensosilaisasikan Aplikasi PNBP pada Pengadilan Agama Pekanbaru berdasarkan Surat Tugas Nomor: 272/DJA.1/X/2018.

Tim tersebut di sambut oleh Ketua Pengadilan Agama Pekanbaru Bapak Drs. H. Syaifuddin, S.H., M.Hum di dampingi Wakil Ketua Bapak Drs.H. Darmansyah Hasibuan, S.H.,M.H dan Sekretaris Samsir Toona, S.H.I sebelum Sosialisasi terlebih dahului silahturahmi dengan Pimpinan berserta jajarannya di ruang Ketua Pengadilan Agama Pekanbaru. Tim dari Ditjen Badilag MA-RI ini berada di Pengadilan Agama Pekanbaru dari tanggal 22 sampai dengan tanggal 25 Oktober 2018.

Aplikasi PNBP Perkara tersebut ada dalam SIMTALAK (sistem Informasi Manajemen dan Tatalaksana), didlammnya ada 3 user yaitu Admin (konfigurasi aplikasi) Kasir dan Bendahara Penerima, Admin dan Kasir menggunakan user Name dan Password SIPP karena aplikasi ini sudah terintegrasi dengan SIPP adapun aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan karna kedepannya juga akan diintegrasikan dengan SIMPONI dan SIMARI yang mengikuti Sosialisasi terbut adalah Sekretari, Kasubbag Umum dan Keuangan, Admin, Kasir dan Bendahara Penerima. Untuk Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Riau Pengadilan Agama Pekanbaru dan Bangkinang dijadikan sebagai tempat untuk mensosialisasi Aplikasi tersebut.