Bertempat di Aula Utama PTA Pekanbaru, berlangsung Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Tertulis Secara Elektronik (E-Test) Calon Peserta Sertifikasi Hakim Ekonomi Syariah Wilayah Hukum PTA Pekanbaru Tahun 2019. Peserta berasal dari Ketua/ Wakil Ketua dan Hakim dari PA wilayah Hukum PTA Pekanbaru yang mengajukan diri untuk kemudian diseleksi terlebih dahulu secara administrasi.

Sebelum pelaksanaan tes dimulai, Ketua Panitia Drs. M. Nasir Mas, SH., MH Hakim Tinggi PTA Pekanbaru memberikan laporan singkat tentang pelaksanaan E-Test. Pelaksanaan E-Test berdasarkan surat  Dirjen Badilag Nomor 0203/DjA/HM.00/I/2019 tanggal 18 Januari 2019 perihal Penunjukan Panitia Daerah Seleksi Administrasi dan Kompetensi Tertulis Secara Elektronik (e-test) Calon Peserta Diklat Sertifikasi Hakim Ekonomi Syariah Tahun 2019 dan surat Dirjen Badilag Nomor 0303/DJA.2/HM.00/I/2019 tanggal 25 Januari 2019 tentang Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi dan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Sertifikasi Hakim Ekonomi Syariah Secara E-Test Tahun 2019. Bahwa peserta yang lulus administrasi dan berhak untuk mengikuti E-Test ini dilingkungan Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru sebanyak 32 peserta. Peserta yang datang dan hadir untuk mengikut E-Test di PTA Pekanbaru sebanyak 27 Peserta, 5 Peserta berhalangan hadir.

Kemudian dilanjutkan pengarahan dari Wakil Ketua PTA Pekanbaru Dr. H. Samparaja, S.H., M.H. Beliau menyampaikan agar semua peserta dapat memanfaatkan kesempatan mengikuti tes dengan sebaik-baiknya, dengan waktu 90 menit yang tersedia dapat menyelesaikan soal-soal yang ada, dan diharapakan banyak yang lulus. Beliau juga menceritakan pengalaman beliau yang pernah mengikuti E-Test ini pada tahun 2017. Atas nama pimpinan, beliau mengucapkan selamat ujian dan semoga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Pada kesempatan ini juga, ditayangkan sambutan dari Dirjen Badilag Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H, M.H sekaligus membuka ujian secara resmi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa E-Test dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas SDM dan meningkatkan pelayanan masyarakat. E-Test dilaksanakan dalam rangka memenuhi aturan PERMA No. 5 Tahun 2016 tentang Sertifikasi Hakim Ekonomi Syariah, yang mana dalam peraturan tersebut menyebutkan bahwa Perkara Ekonomi Syariah harus diadili oleh hakim ekonomi syariah yang bersertifikat dan diangkat oleh Ketua Mahkamah Agung.

Selanjutnya Tim IT PTA Pekanbaru memberikan panduan penggunaan Aplikasi E-Learning Badilag. Tepat pukul pukul 09.30 WIB E-Test dimulai dan berakhir pada pukul 11.00 WIB. Alhamdulillah pelaksanaan E-Test di PTA Pekanbaru dapat berjalan dengan baik, tertib dan lancar.