Hari Rabu, tanggal 27 Februari 2019 M bertepatan dengan 23 Jumadil Akhir H, Pengadilan Agama Pekanbaru laksanakan Teleconference dengan Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Yudisial Bapak Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H, Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial Bapak Dr. H. Sunarto, S.H., M.H, Ketua Muda Kamar Pidana Bapak Dr. Suhadi, S.H., M.H, Ketua Muda Kamar Agama Bapak Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M dan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Bapak Drs. Aco Nur, S.H., M.H Serta TIM Mahkamah Agung Republik Indonesia dalam rangka Laporan Tahunan 2018 Mahkamah Agung RI Kepada Presiden RI.

Dalam acara tersebut sebagai pembicara dari Pengadilan Agama Pekanbaru adalah Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekanbaru Bapak Drs. H. Darmansyah Hasibuan, S.H., M.H. didampingi oleh Panitera Bapak Muhammad Yasir Nasution, M.A dan Sekretaris Bapak Samsir Toona, S.H.I serta Hakim dan Pejabat Pengadilan Agama Pekanbaru. Bapak Dirjen dalam teleconference tersebut menanyakan tentang pelaksanaan kebijakan-kebijakan Mahkamah Agung dan Direktorat Jendral Badan Peradilan Agama MA-RI di Pengadilan Agama Pekanbaru. Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekanbaru dalam Teleconference tersebut menerangkan bahwa kebijakan Mahkamah Agung RI dan Badilag yang tertuang dalam surat keputusan maupun surat edaran sudah dilaksanakan dan diterapkan pada Pengadilan Agama Pekanbaru, seperti E-Register Perkara, E-Keuangan Perkara, One day Minutasi, One Day Publish bahkan lebih dari itu Pengadilan Agama Pekanbaru telah menerapkan penyerahan Putusan kepada pihak pada hari itu juga.

Selanjutnya Bapak H. Darmansyah menjelaskan Program lain seperti Zona Integritas yang telah diuji petik oleh Tim Reformasi Birokrasi (RB) Mahkamah Agung RI dengan nilai 92,47. Pelaksanaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) juga telah diimplementasikan dengan menambah sarana seperti anjungan antrian, anjungan E-Skum dan anjungan survey kepuasan masyarakat (SKM) namun karena keterbatasan ruangan sehingga PTSP masih terasa sempit dan kurang memadai, terhadap pelaksanaan Program E-Court Pengadilan Agama Pekanbaru telah melakukan sosialisasi kepada lebih dari 60 advokat diwilayah kota pekanbaru pada tanggal 07 Desember 2018, dan Pengadilan Agama Pekanbaru melakukan Inovasi Teknologi Informasi diantaranya adalah Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPA) dan Sistem informasi perkara berbasis android.

Bapak dirjen sangat mengapresiasi kinerja yang dilakukan oleh seluruh Pegawai Pengadialan Agama Pekanbaru, beliau berharap bahwa Pengadialan Agama Pekanbaru agar menjadi duta zona integritas dan supaya terus meningkatkan kinerja serta merespon dengan cepat setiap kebijakan-kebijakan Badan Peradilan Agama MA-RI.