Selatpanjang || www.pa-selatpanjang.go.id

Kamis 14 Maret 2019 Ketua Pengadilan Agama Selatpanjang Elidasniwati, S. Ag., M.H., didampingi Wakil Ketua Pengadilan Agama Selatpanjang Fithriati AZ, S.Ag, beserta Panitera Pengadilan Agama Selatpanjang M. Afrizal, S.H., dan didampingi oleh Hakim Pengadilan Agama Selatpanjang Asep Nurdiansyah, S.H., M.H., memimpin Diklat di Tempat Kerja (DDTK) khusus Kepaniteraan yang bertempat di Ruang Rapat Pengadilan Agama Selatpanjang.

Diklat yang diselenggarakan mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB ini juga dihadiri oleh seluruh jajaran Kepaniteraan Pengadilan Agama Selatpanjang yang terdiri dari Para Panitera Muda, Jurusita Pengganti, dan Petugas Meja Pelayanan.

Diklat ini diselenggara untuk merespon program Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MARI Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H., untuk penyelesaian perkara tepat waktu. Penyelesaian perkara tepat waktu ini meliputi minutasi satu hari setelah putusan dibacakan (One Day Minutation) dan publikasi putusan satu hari setelah dibacakan (One Day Publication).

Rapat kepaniteraan kali ini mengusung tema "MEMILIH APLIKASI PENDUKUNG SIPP", seperti diketahui Tujuan utama Sistem Informasi Penelusuran Perkara ini adalah aplikasi resmi dari Mahkamah Agung Republik Indonesia yang di bangun dan dikembangkan untuk dapat memudahkan dan menunjang kinerja aparat Pengadilan dan untuk membantu para pencari keadilan dalam memonitor proses penyelesaian perkara sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

Bagi lingkungan Pengadilan Agama SIPP bukanlah merupakan sesuatu yang baru karena sebelumnya sudah ada aplikasi SIAPDA yang sudah diaplikasikan dengan baik. Seiring dengan kebijakan Mahkamah Agung untuk mengimplementasikan SIPP pada seluruh lingkungan Mahkamah Agung, Peralihan SIADPA Plus ke SIPP dilakukan dengan harapan sistem informasi perkara terintegrasi di Mahkamah Agung. Sehingga Mahkamah Agung dapat dengan mudah mengakses perkara yang ada di semua lingkungan peradilan dibawahnya.

Seiring waktu dan demi kemudahan dalam mengecek kinerja, maka bermunculanlah beberapa aplikasi pendukung SIPP, seperti ABT, DESPA, SIGINJAI.

Ketua Pengadilan Agama Selatpanjang Dalam pengarahannya mengharapakan Pengadilan Agama Selatpanjang mampu mengangkat nama baik Pengadilan Agama Selatpanjang di bidang Publikasi putusan, website dan SIPP. meminta seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Agama Selatpanjang agar selalu bekerjasama untuk melaksanakan program Badilag ini, oleh sebab itu semua pihak yang terlibat dalam penginputan data SIPP harus disiplin dan peduli. Hal ini berkaitan juga dengan “RAPOR JUM’ATAN”.

Eka Siswanto, A.Md. selaku narasumber menjelaskan aplikasi pendukung SIPP yang bernama ABT, DESPA, SIGINJAI, adalah Aplikasi yang Terintegrasi SIPP yang memudahkan user untuk menyelesaikan adminitrasi perkara, sehingga minutasi dan putusan dapat dilaksanakan sesegara mungkin.

Para peserta DDTK sangat antusias saat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Dan akhirnya diharapkan kepada seluruh peserta DDTK dapat memahami dalam mengoperasikan apliasi ABT ini. Sehingga One Day Minutation dan dan One Day Publication bukan lagi sebagai pekerjaan yang berat. Dengan rapat yang diselenggarakan secara berkelanjutan diharapkan mampu menjadi solusi bagi peningkatan pelayanan administrasi peradilan dan pelayanan publik.(TIMITPASLP)