Acara Temu Ramah dan Sosialisasi Program Kerja Pengadilan Agama Pekanbaru kepada Advokat se-Kota Pekanbaru. dilaksanakan pada hari Jumat tanggal, 15 Maret 2019 M bersamaan dengan 08 Rajab 1440 H pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB, bertempat di Ruang Sidang I (Muadz bin Jabal). Acara tersebut dihadiri Ketua, Waki Ketua, Panitera, Sekretaris Pengadilan Agama Pekanbaru Klas I.A, dan sejumlah Advokat dari berbagai unsur, Peradi, KAI, Ikadin, Peradin, dan Apsi di wilayah Kota Pekanbaru.

Acara tersebut dibuka oleh Panitera Pengadilan Agama Pekanbaru Bapak Muhammad Yasir Nasution, M.A, selanjutnya Pemaparan materi dan temu ramah oleh Ketua Pengadilan Agama Pekanbaru, dalam penyampaiannya Bapak ketua memfokuskan pada materi peningkatan kualitas pelayanan di Pengadilan Agama Pekanbaru, percepatan penyelesaian perkara, transparansi keuangan perkara, perubahan mainset para aparat Pengadilan dan Advokat sebagai pihak terkait.

Dalam acara itu juga diadakan tanya jawab antara ketua Pengadilan Agama Pekanbaru dan Advokat, pada sesi tanya jawab ini para Advokat sangat antusias mengajukan pertanyaan sekaligus masukan, kritik maupun saran kepada Ketua. Terkait beberapa masalah yang menjadi sorotan oleh para penanya adalah tentang tekhnik persidangan, administrasi pendaftaran perkara, pelaksanaan eksekusi terhadap Putusan yang dimohonkan Eksekusi.

Dalam Jawabannya Ketua Pengadilan Agama Pekanbaru menyampaikan untuk tekhnik persidangan mempedomani hukum acara, dan untuk pendaftaran perkara akan dibuatkan kebijakan, jika tidak bertentangan dengan persyaratan administrasi pendaftaran. Sedangkan terhadap permohonan Eksekusi yang diajukan ke Pengadilan Agama Pekanbaru semua telah ditindak lanjuti hanya saja beberapa permohonan Eksekusi tidak dapat dilaksanakan karena KJPP tidak bersedia menentukan harga limit disebabkan Atas Hak yang merupakan HGB dari objek perkara telah kadaluarsa. Setelah pemaparan oleh Ketua Pengadilan Agama Pekanbaru dan semua terjawab, selanjutnya Acara diakhiri dengan bersalam-salaman dan foto bersama.