Ketua PA Pangkalan Kerinci, Drs. H. Kamaruddin My, SH, MH (duduk paling tengah) menghadiri acara launching program e-KTP di Kab. Pelalawan.

Pangkalan Kerinci - Bertempat di Kantor Camat Pangkalan Kerinci, Senin (29/5/12) Ketua PA Pangkalan Kerinci, Drs. H. Kamaruddin My, SH, MH berkesempatan mendampingi Bupati Pelalawan H.M. Harris yang didaulat memukul gong dalam  peluncuran program e-KTP di Kabupaten Pelalawan yang ditargetkan tuntas dalam lima bulan ke depan.

Pada kesempatan tersebut, Harris mengatakan, program Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) merupakan sistem yang dapat memfasilitasi penerbitan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Nasional. Dan itu mencakup dalam pengelolaan data base Kependudukan dan penerbitan dokumen kependudukan termasuk untuk penerbitan e-KTP. "Dan dalam melaksanakan program strategis nasional dibidang kependudukan, ada beberapa tahapan yang telah dan akan dilaksanakan terkait hal ini," terang Bupati.

Harris mengatakan bahwa tahapan-tahapan itu di antaranya adalah pemutakhiran data kependudukan tahun 2010, kemudian penerbitan Nomor Induk Kependudukan tahun 2011 lalu penerapan Kartu Tanda Penduduk Eleketrik (e-KTP) di tahun 2012 ini."Karena itulah, suksesnya program e-KTP ini akan memberikan pilar yang kokoh dalam meningkatkan kepastian hukum hak publik dan hak sipil di bidang administrasi kependudukan," tegasnya.

Tidak hanya itu, “hal ini juga sekaligus akan memberikan landasan yang kuat dalam pelaksanaan Sistim Administrasi Pemerintah yang berbasis pada administrasi kependudukan yang teratur, tertib dan tertata secara berkelanjutan”. Sambungnya.

"Apalagi, KTP berbasis NIK secara nasional ini merupakan prioritas dalam penertiban dokumen kependudukan dan dokumen lainnya. Jadi jika ini bisa kita wujudkan bersama maka berarti kita telah memberikan sumbangsih yang fundamental dan bermanfaat bagi negara ini," katanya.

Dan jika e-KTP ini telah diterapkan, lanjutnya, maka selain dapat mencegah dan menutup peluang adanya KTP ganda dan KTP palsu juga bisa mendukung terwujudnya data base kependudukan yang betul-betul akurat. "Khususnya lagi yang berkaitan dengan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sehingga Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang selama ini sering bermasalah tidak akan terjadi lagi," tandasnya.

Di samping itu, masih kata Harris, penerapan e-KTP ini juga dapat mendukung peningkatan keamanan negara dengan menutup peluang beredarnya KTP ganda dan KTP Palsu yang selama ini sering dipergunakan oleh para pelaku kriminal termasuk teroris.

"Dan yang pasti, KTP elektronik merupakan KTP yang berlaku secara nasional sehingga dapat mempermudah masyarakat untuk memperoleh layanan dari lembaga pemerintah, lembaga perbankan dan swasta karena tidak lagi memerlukan KTP lokal atau setempat," ungkapnya.

Dikatakannya, karena itulah untuk memaksimalkan hal ini maka diharapkan para Muspika Kecamatan sampai ke aparatur pemerintahan desa tak terkecuali RT/RW untuk lebih intensif lagi dalam mensosialisasikan e-KTP pada seluruh lapisan masyarakat.

"Juga dihimbau pada seluruh masyarakat untuk dapat melakukan perekaman e-KTP di kecamatan masing-masing, sesuai dengan undangan yang akan disampaikan oleh Camat," ujarnya seraya mengatakan agar para camat dapat memberikan pelayanan yang tepat, cepat dan akurat pada masyarakat dengan tetap mengacu pada peraturan dan perundangan yang berlaku.

Gelar acara launching e-KTP diakhiri dengan pemukulan gong oleh Bupati Pelalawan. Tampak Ketua PA Pangkalan Kerinci ikut menyaksikan acara tersebut (Foto kedua dari kiri)

Diakhir acara, Bupati Pelalawan H.M. Harris didampingi unsur Muspida Pelalawan di antaranya Kapolres Pelalawan, AKBP Guntur Aryo Tejo, Ketua Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci, Drs. H. Kamaruddin My, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Pelalawan, Heru Budianto, SH, Kadisdukcapil Kabupaten Pelalawan, Drs Syafi'i dan Camat Pangkalan Kerinci, Drs Novri Wahyudi berkenan membuka launching e-KTP dengan pemukulan gong. (imd)

{jcomments on}