Kabag Organisasi dan Tata Laksana Sardiono, SE., M. Pdmemimpin langsung jalannya Rapat Konsultasi dan Penyusunan Program dan Anggaran Tahun 2013

Pekanbaru - Dalam rangka menindaklanjuti Surat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru Nomor: W4-A/984/KU.01/V/2012, tanggal 16 Mei 2012, Perihal Penyusunan Program dan Anggaran Tahun 2013,Ketua PA Pangkalan Kerinci Drs. H. Kamaruddin. MY, SH., MH, memerintahkan Panitera/SekretarisPA Pangkalan Kerinci Hanifah Anom, SH, Wakil Sekretaris,Sartunis, S.Ag, Kaur Keuangan,Yusmaini, S.Sos dan Ariefna Amini, A.M.d (Operator RKA-KL), dengan surat tugas Nomor W4-A15/479/P/KP.02.3/V/2012 tanggal 22 Mei 2012, untuk mengikuti kegiatan penyusunan Program dan Anggaran Tahun 2013 bertempat di Hotel Ratu Mayang Garden – Pekanbaru;

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari (24 Mei s/d 26 Mei 2012) dengan tema “Konsultasi dan Koordinasi Penyusunan Program dan Anggaran Tahun 2013”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Panitia Gabungan Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru dan Pengadilan Tinggi Pekanbaru. Peserta terdiri dari Pansek, Wasek, Kasubbag Keuangan dan Operator RKA-KL yang berasal dari Pengadilan Tinggi Agama, Pengadilan Tinggi, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri dan PTUN di wilayah Propinsi Riau dan Kepulauan Riau.

Sebelum mengikuti kegiatan, KPA Pangkalan Kerinci Drs. H. Kamaruddin. MY, SH., MH, menitipkan pesan dan harapan, supaya memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, dan hendaknya terpenuhi sarana dan prasarana yang tepat sasaran, dengan skala prioritas yang tertuang dalam RKA-KL Tahun 2013.

Pembukaan dan Rangkaian Kegiatan

Pembukaan kegiatan tersebut dilaksanakan Kamis (24/05) pukul 20.00 WIB. Hadir dalam pembukaan tersebut Tim dari Mahkamah Agung yang dipimpin oleh Kabag Organisasi dan Tata Laksana Sardiono, SE., M. Pd, KPTA Pekanbaru Drs. H. Mahyiddin Usman, SH., MA, WKPTA Pekanbaru Drs. Drs. H. Armia Ibrahim, SH., WKPT Pekanbaru, beberapa orang hakim Tinggi PTA Pekanbaru, Panitera/Sekretaris PTA Pekanbaru Drs. Syafruddin dan Panitera/Sekretaris PT Pekanbaru.

 

Delegasi PA Pangkalan Kerinci dalam kegiatan Konsultasi Dan Koordinasi Penyusunan ProgramDanAnggaranTahun2013 Wilayah Riau Dan Kepri. Foto dari kiri ke kanan : Hanifah Anom, SH(Pansek),Sartunis, S.Ag(Wasek), Yusmaini, S.Sos(Kaur Keuangan)dan Ariefna Amini, A.M.d (Operator RKA-KL)

Acara pembukaan diawali dengan laporan Panitera/Sekretaris PT Pekanbaru selaku ketua panitia. Kemudian sambutan dari Tim Mahkamah Agung RI Sardiono, SE., M. Pd. Dalam sambutannya Beliau mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari perwujudan Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung RI sekaligus menjelaskan hal-hal pokok kenapa Mahkamah Agung melakukan kegiatan semacam ini.

Beliau berharap semoga kegiatan ini sebagai langkah awal untuk maju, lebih akuntabel, sistematis untuk mencapai visi dan misi Mahkamah Agung RI. Inti dari Kegiatan ini adalah menganggarkan sesuai kebutuhan prioritas tetapi tetap disesuaikan dengan Pagu Mahkamah Agung RI.

Beliau mengatakan bahwa Tahun 2012 dicanangkan sebagai tahun prestasi. Seluruh satker harus melakukan percepatan penyerapan anggarandengan pola sebagai berikut :

-    Jika penyerapan satker : 50-80% tdk ada kenaikan anggaran
-    Jika penyerapan satker : 81-85% ada kenaikan 5 % anggaran
-    Jika penyerapan satker : 86-90% ada kenaikan 10% anggaran
-    Jika penyerapan satker : 91-95% ada kenaikan 15 % anggaran
-    Jika penyerapan satker : 96-100% ada kenaikan 20% anggaran

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru yang sekaligus membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan selamat kepada para peserta dan mengharapkan agar dalam acara yang dipandu oleh Tim dari Mahkamah Agung RI ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dapat menyelesaikan kendala yang dihadapi dalam penyusunan anggaran masing-masing satker.

Penutupan Kegiatan

Pada penutupan acara, diawali laporan oleh Panitera/Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru Drs. Syafruddin selaku Ketua Panitia. Mengawali laporannya beliau menyampaikan kondisi pelaksanaan selama kegiatan berlangsung, dimana penyusunan program dan anggaran tahun 2013 telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan, berjalan dengan lancar, segala permasalahan dalam penyusunan anggaran sudah teratasi dan telah selesai dilaksanakan lebih cepat daripada waktu yang ditargetkan.

“Saya perhatikan selama penyusunan anggaran berlangsung, ada yang mengaku pusing, pusing karena keling-keliling, atau pusing karena belanja modal turun” pungkas Pansek PTA dalam kelakarnya memecahkan suasana yang hening.

Penyerahan Hasil Penyusunan Program dan  Anggaran Tahun 2013  oleh Pansek PTA Pekanbaru (Drs. Syafruddin) kepada  Sardiono, SE., M. Pd (Ketua Tim dari MARI)

Selanjutnya acara ditutup oleh WKPTA Pekanbaru Drs. H. Armia Ibrahim, SH. Dalam sambutannya beliau menyampaikan semoga selama 2 (dua) hari telah dibekali dengan ilmu yang dipandu oleh Tim dari Mahkamah Agung RI ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dapat menyelesaikan kendala yang dihadapi dalam penyusunan anggaran masing-masing satker.

“Perencanaan yang disusun ini hanya tahap awal artinya masih ada tahap lanjutan, kita ingin banyak, tetapi kita tergantung pada anggaran, penerapan prinsip efesiensi dari segi waktu dan biaya sangat diutamakan, begitu juga penyusunanan anggaran, di era sekarang ini mengandung prinsip usulan satker dari bawah perlu diperhatikan, dan tidak memaksakan kemauan dari atas, hanya saja usulan tersebut tentunya disesuaikan kemampuan anggaran” Ujar WKPTA dalam penyampaiannya yang sistematis, sejuk, tenang dan bersahaja;

“Karena ini penyusunan tahap awal tentunya ada tahap berikutnya. ini artinya setelah kembali ke masing-masing satker tetap menyiapkan data pendukung, terutama dalam belanja modal, dan sekembali dari kegiatan ini komunikasikan langsung kepada pimpinan” pungkas Wakil Ketua PTA yang dulunya pernah menjadi Pansek PTA;

Mengakhiri sambutannya Wakil Ketua PTA juga menyampaiakan bahwa dengan selesainya kegiatan penyusunan anggaran ini setiap satker tidak lagi mengalami berbagai permasalahan, dan diharapkan untuk penyusunan program dan anggaran tahun 2013 ini tidak lagi mengalami masalah karena Tim Biro Perencanaan dan Organisasi MA RI akan melakukan asistensi terhadap perencanaan program tahun 2013. Sistem anggaran haruslah benar-benar kuat sehingga membantu tim untuk menyampaikan usulan rencana program dan anggaran yang akan memberikan dampak positif seperti apa yang kita harap dan rencanakan.

Pagu Indikatif Tahun 2013 PA Pangkalan Kerinci.

Pagu Indikatif tahun 2013 dalam satuan kerja dilingkungan Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, terjadi penurunan yang signifikan dari yang telah diusulkan. Khusus untuk satuan kerja Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci pagu indikatif 2013 yang telah ditetapkan oleh PTA Pekanbaru sebagai berikut:

1.    Dipa BUA (Dipa 01). Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis pada belanja Pegawai sebesar Rp. 1.920.024.000,- (satu milyar sembilan ratus dua puluh juta dua puluh empat ribu rupiah), pada belanja barang ((Operasional (002) sebesar Rp. 342.880.000,- (tiga ratus empat puluh dua juta delapan ratus delapan puluh ribu rupiah), Non Operasional (011) sebesar Rp. 146.988.000,- (seratus empat puluh enam juta sembilan ratus delapan puluh delapan ribu rupiah)), peningkatan sarana dan prasarana belanja modal sebesar Rp. 65.000.000,- (enam puluh lima juta rupiah).
2.    Dipa Ditjen Badilag (Dipa 004), Peningkatan Manajemen Ditjen Badilag pada belanja barang Non Operasional (setelah adanya penambahan Honor tim pengelola webset sebesar 7.200.000) keseluruhannya berjumlah Rp. 29.222.000,- (dua puluh sembilan juta dua ratus dua puluh dua ribu rupiah);

Kebutuhan dengan Skala Prioritas

Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci saat ini sangat membutuhkan pematangan lahan untuk parkir tetapi belum bisa dianggarkan pada belanja modal untuk tahun anggaran 2013, mengingat sarana dan prasarana tersebut pengadaannya membutuhkan biaya yang cukup besar;

Demikian juga dalam Dipa Ditjen Badilag (Dipa 04) Peningkatan Manajemen Ditjen Badilag yang telah dianggarkan untuk pelayanan perkara prodeo dan sidang keliling telah terjadi penurunan, sementara kondisi riil dilapangan Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci telah rutin melakukan sidang keliling di 3 (tiga) tempat, yaitu; kecamatan Ukui, Kecamatan Krumutan dan Kecamatan Kuala Kampar. Sementara akses menuju ketempat tersebut dengan medan yang sulit melalui kapal laut, disatu sisi masyarakat pencari keadilan pada sidang keliling dari tahun ketahun semakin meningkat.Semoga sekala prioritas ini cepat terwujud. (imd)

{jcomments on}