Ditulis oleh Armansyah

Dalam sistem manajemen yang baik, setidaknya diperlukan empat hal utama yang harus senantiasa diperhatikan, yaitu: Perencanaan (Planning), Pengaturan (Organizing), Pelaksanaan (Actuiting) dan Pengawasan (Controlling). Tanpa empat hal ini, maka segala aktivitas dan visi maupun misi suatu organisasi akan amburadul. Hal ini berlaku juga dalam instansi pemerintahan sebagai sebuah organisasi governmental.

Dari keempat hal di atas, fungsi pengawasan memiliki urgensi tersendiri. Sebab, tanpa pengawasan, pekerjaan yang ada kan berlangsung stagnan dan tak terkontrol. Terkait fungsi pengawasan ini, akhir Mei lalu, taptnya dari tanggal 28 sampai 30 Mei 2012, Tim Hakim Tinggi Pengawas Daerah (HATIWASDA) turun ke Pengadilan Agama Rengat untuk melakukan pembinaan dan pengawasan.

Tim Hatiwasda PTA Pekanbaru memberikan pengarahan

Tim Hatiwasda yang datang terdiri dari 4 orang, yaitu Drs. H. Suparno, SH (Hakim Tinggi), Drs. Drs.H. Lumban Hutabarat, SH, MH (Hakim Tinggi), Dra. Hj. Ida Hamidah, MH (Panitera Muda Banding) dan Hj. Erniati, SH (Bendahara). 

Dalam sambutannya, Ketua PA Rengat, Drs. Efrizal, SH., MH menyatakan bahwa pembinaan dan pengawasan merupkan hal mutlak yang harus dilakukan. Diibaratkan tubuh seseorang, pengawasan merupakan proses Medical Cekck Up (MCU) dalam rangka mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Ada kalanya, seseorang tampak sehat lahir batin secara zahir, tapi ternyata dalam raganya bersarang penyakit berbahaya. Dengan Medical Check Up, maka potensi penyakit apapun sedini mungkin dapat dicegah.

Hal ini dibenarkan oleh Tim Hatiwasda. Dalam acara penyampaian hasil pemeriksaan, Tim Hatiwasda mengatakan bahwa pengawasan ini bukan bertujuan untuk mencari-cari kesalahan, tapi murni dalam rangka peningkatan kemampuan dan prestasi di masa depan.

Hakim dan Pegawai PA Rengat mendengar pengarahan Tim Hatiwasda dengan antusias

Secara umum, Tim Hatiwasda menilai bahwa kinerja Hakim dan Pegawai di Pengadilan Agama Rengat sudah cukup baik dan perlu ditingkatkan untuk masa yang akan datang.

{jcomments on}