Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama (PA) Dumai Rabu (6/6) diadakan Rapat Evaluasi dan presentasI pelantikan Hakim berkelanjutan pada lingkungan Peradilan Agama, yang dihadiri seluruh jajaran PA Dumai. Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua PA Dumai Dra. Hj. Husni Rasyid S.H.,M.H didampingi oleh Wakil Ketua Drs. H. Asrori S.H.,M.H dan PaNSEK Drs. Zulkifli membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan Pelayanan Publik dan tugas-tugas kedepannya sesuai denga Tugas PokoK Pengadilan.

Acara diawali dengan penyampaian kinerja selama satu bulan yang disampaikan oleh Pansek dan diteruskan oleh wasek serta Wapan PA Dumai, baik hal-hal yang sudah dicapai maupun hal yang belum dilakukan serta kendala dan hambatannya. Pembahasan kinerja tersebut dilanjutkan dengan tanya jawab dan pembahasan sehingga melahirkan kesimpulan dan semangat baru untuk berbenah dalam rangka kemajuan PA Dumai.

Dalam Pengarahannya Ketua PA Dumai dengan bahasa yang keibuan, menyampaikan harapan tentang pelayanan publik kepada para pencari keadilan. Beliau menceritakan bagaimana pelayanan publik yang dilakukan oleh Badilag dan Mahkamah Agung,  ketika beliau silaturrahmi ke Mahkamah Agung dan Badilag dalam rangka kenaikkan kelas PA Dumai menjadi kelas I B, dimana  beliau mendapat perhatian dan sambutan yang menyenangkan, bahkan  satpam langsung mengantarkan dirinya ketempat pejabat yang dituju  dengan wajah yang menyenangkan. Oleh karena itu kitapun bisa seperti itu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dengan wajah yang manis,tidak bermuka masam  tetapi haruslah kita layani para pihak dengan senyuman dan salam tegasnya.


Selanjutnya ibu ketua menambahkan UntuK kinerja yang lalu, terus terang kita masih belum sempurna, masih banyak kelemahandan kendala dalam mencapai tujuan, oleh karena itu  hendaklah kita selalu berbenah diri, baik itu dari Berita Acara Persidangan, pelaporan bulanan dan pencapaian pelaksanaan DIPA, agar berjalan dengan tepat waktu. Ketua PA Dumai Berpesan agar seluruh Hakim dan pegawai agar tetap belajar keras, sesuai dengan aturan yang berlaku.

Wakil Ketua  menambahkan evaluasi terhadap kinerja PA Dumai, dengan penuh semangat dan gaya khas Lampungnya memberikan arahan dan bimbingan terhadap pekerjaan yang selama ini masih terdapat kelemahan-kelemahan dan belum sesuai dengan aturan, maka hendaklah kita bersama-sama menata diri bagaimana bekerja dengan baik, efektif dan efisien. Beliau juga sangat mengiginkan adanya komitmen bersama untuk bersama-sama serius menguasai dan memahami Tekhnologi Informasi (TI) terutama penguasaan SIADPA yang menjadi satu program Nasional Badilag.

Kepada para petugas yang ditunjuk  wakil ketua  meminta  dapat melaksanakan amanat yang diberikan dengan sebaik-baiknya, dan kepada yang  mendapat pelatihan SIADPA yang diadakan oleh PTA Pekanbaru tanggal 4-5 Juni 2012 yang lalu agar dapat menularkan ilmunya kepada  seluruh jajaran PA Dumai. sehingga tidak ada alasan bagi pegawai untuk tidak bisa memanfaatkan tehnologi SIADPA. Tegas Wakil Ketua.

Diakhir acara diberi kesempatan kepada  Hakim PA Dumai Khairunnas S.Ag., M.H untuk menyampaikan presentasi dari pelatihan hakim berkelanjutan yang diikutinya di Mega Mendung Bogor pada 21 - 26 Mei 2012 dan koordinasi penyusunan program dan anggaran tahun 2013 Oleh Pansek PA Dumai, Wakil Sekretaris Mazifah S.HI, kaur Keuangan Elizarti S.HI dan Majdy Mafizhuddin sebagai Operator.

Khairunnas dengan penuh semangat menyampaikan hasil-hasil meteri yang telah disampaikan oleh para narasumber, yang pada intinya adalah pembinaan dalam upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi insan Peradilan dalam rangka pencapaian target tugas-tugas peradilan secara ideal.

Sebagai abdi Negara, kata beliau mestinya kita harus memiliki semangat kuat untuk menambah ilmu, jangan pernah berhenti membaca, menelaah buku yang berhubungan dengan pekerjaan. Kita harus mampu membangun motivasi dalam diri sendiri dan meluangkan waktu untuk belajar, karena kita tidak boleh merasa puas dengan ilmu yang telah dimiliki dan materi-materi pelatihan dibagikan kepada setiap pegawai dan tenaga honorer, karena akan dijadikan acuan kerja.

Setelah selesai penyampaian presentasi oleh Khairunnas, dilanjutkan presentasi oleh Wasek PA Dumai tentang hasil koordinasi penyusunan program dan anggaran tahun 2013, beliau menyampaikan secara transparan tentang keadaan anggaran tahun 2013 dan beliau juga menggambarkan kondisi anggaran PA Dumai sesuai dengan hasil rapat koordinasi anggaran di Pekanbaru. ( TIM IT PA Dumai )

{jcomments on}