Bangkinang ( 30/5/2012 ), bertempat diruang sidang utama Pengadilan Agama Bangkinang Tim Pengawas dan Pembinaan dari Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, mengadakan pertemuan awal dalam rangka pengawasan dan pembinaan yang dihadiri oleh Ketua, Panitera/Sekretaris, seluruh Hakim, seluruh Pejabat Struktural dan Fungsional, seluruh Pegawai dan Tenaga Honorer Pengadilan Agama Bangkinang.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Bangkinang Drs. H. AMRIDAL, SH. MA menyampaikan :

1.    Mengucapkan selamat datang kepada Tim Pengawas dan Pembinaan dari Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, meskipun kedatangan Tim sempat tertunda-tunda.
2.    Kedatangan Tim Pengawas dan Pembinaan dari Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru sangat ditunggu-tunggu, yang tujuannya untuk melihat sejauh mana pelaksanaan tugas serta penerapan aturan pada Pengadilan Agama Bangkinang.
3.    Dalam Pelaksaan Pengawasan dan Pembinaan diminta kepada seluruh pegawai untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada Tim Pengawasan dan Pembinaan dan berikan apa yang diminta oleh Tim serta seluruh Pegawai  untuk berada ditempat masing-masing.

Selesai ketua Pengadilan Agama Bangkinang memberikan sambutan, selanjutnya Ketua Tim Pegawas dan Pembinaan dari Pengadilan Tinggi Agama pekanbaru, mengatakan Tim Pengawas dan Pembinaan yang datang terdiri dari 4 (empat) orang yaitu :

1.    Drs. H. AGUS BUDIAJI, SH, MH (sebagai Ketua Tim)
2.    Drs. PELMIZAR, MHi (sebagai Anggota)
3.    Dra. LINDAWATI, MH (sebagai Sekretaris)
4.    YOSI, S. Ag, MH (sebagai Anggota). sesuai dengan surat tugas Nomor : W4-A3/1041/PS.01/IV/2012, tanggal 29 Mei 2012.

Bahwa maksud kedatangan Tim Pengawas dan pembinaan adalah :
1.    Bukan untuk mencari-cari kesalahan akan tetapi untuk menimalisir/meluruskan kalau ada temuan-temuan yang didapati.
2.    Sejauh mana pelaksanaan tugas yang telah dilakukan oleh Pengadilan Agama Bangkinang apakah sudah sesuai dengan aturan atau tidak sesuai dengan aturan.
3.    Tim akan melakukan Pengawasan dan Pembinaan pada Pengadilan Agama Bangkinang dimulai tanggal 30 Mei 2012 s/d 01 Juni 2012.
4.    Yang menjadi objek Pengawasan dan Pembinaan adalah Bidang Manajemen Peradilan, Bidang Administrasi Persidangan, Bidang Administrasi Perkara, Bidang Kesekretariatan dan Bidang Pelayan Publik.

Di akhir sambutannya Ketua Tim menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan pelayanan dari seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Bangkinang yang begitu ramah dan menyenangkan, walaupun sempat tertunda-tunda kedatangan Tim Pengawas dan pembinaan dari Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru itu semua disebabkan oleh kesibukan-kesibukan tugas di Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru atas itu semua Ketua Tim menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya, selesai memberikan sambutan Tim langsung melakukan Pengawasan terhadap objek yang telah ditentukan tersebut.

EXPOSE

Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Bangkinang dimulai tepat jam 09:00 wib s/d jam 11:15 wib dilaksanakan Expose oleh Tim Pengawas dan Pembinaan, pada kesampatan pertama Ketua Pengadilan Agama Bangkinang menyampaikan sambutan yaitu :

1.    Ucapan terima kasih kepada Tim yang telah melakukan Pengawasan dan pembinaan walaupun dalam kondisi yang sangat melelahkan yang dilaksanakan secara dor to dor namun berjalan sukses sesuai dengani jadwal yang telah ditetapkan.
2.    Ketua Pengadilan Agama Bangkinang menyampaikan kekuatan yang ada secara menyeluruh mulai dari Hakim, Panitera/Sekretaris, Pejabat, Pegawai dan Tenaga Honorer serta sarana dan prasarana yang ada pada Pengadilan Agama Bangkinang.
3.    Bahwa hasil Pengawasan yang akan di Expose oleh Tim sangat dinanti-nantikan, ibarat anak sekolah yang tidak sabar menunggu hasil raport selesai mengikuti ujian apakah banyak merahnya atau banyak hijaunya.
4.    Terhadap temuan-temuan tersebut, Ketua Pengadilan Agama Bangkinang berjanji akan menindaklanjutinya dengan segera, dimasa mendatang terhadap temuan-temuan tersebut Insya Allah tidak akan ditemukan lagi/tidak akan ada lagi.

Di akhir sambutannya Ketua Tim Pengawasan dan Pembinaan dari Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya atas pelayanan secara menyeluruh oleh seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Bangkinang dan juga menyatakan salut atas kekompakan dan kebersamaan yang telah terjalin, mudah-mudahan ini selalu dipertahankan dan ditingkatkan masa mendatang, atas layanan yang telah diberikan oleh keluarga besar Pengadilan Agama Bangkinang ini menjadi amal ibadah dan mudah-mudahan mendapat balasan setimpal dari Allah swt...amin.

Penulis : SUDIRMAN, SH

{jcomments on}