PEGAWAI PA. BENGKALIS MENGIKUTI ACARA PELATIHAN SIMAK-BMN

Kata sambutan dari KPTA. Pekanbaru (Drs. H. Mahyiddin Usman, SH.,MA)

Bengkalis||pa-bengkalis.go.id

Aplikasi SIMAK-BMN (Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara) adalah aplikasi yang digunakan untuk mencatat dan mengorganisir barang milik negara, mulai dari pembelian, transfer masuk-keluar antar instansi, sampai penghapusan dan pemusnahan barang milik negara. Di dalam UU No. 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara dijelaskan bahwa yang dimaksud barang milik negara adalah semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban APBN dan perolehan lainnya yang sah. Untuk itu maka pelaporan SIMAK-BMN harus tertib administrasi, tertib fisik dan tertib hukum dan akuntabel. Mengingat pentingnya pengelolaan BMN yang dilakukakan melalui aplikasi SIMAK-BMN maka sudah seharusnya aplikasi tersebut dipegang oleh operator-operator yang handal.

Untukmeningkatkan kemampuan dari operator SIMAK-BMNtersebut maka Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru mengadakan pembinaan SIMAK-BMN dilingkungan PTA Pekanbaru, salah satunya adalah Pengadilan Agama Bengkalis. Oleh karena itu berdasarkan surat dari PTA. Pekanbaru, nomor: W4-A/1189/PP 01.3/IV/2012 tanggal 19 Juni 2012, perihal pemanggilan Peserta Pembinaan SIMAK-BMN, yang ditujukan ke PA. Bengkalis, maka Ketua Pengadilan Agama Bengkalis menunjuk 2 (dua) orang pegawai yaitu:

1.    Wira Akhdiana, SE, Kaur Umum PA. Bengkalis.
2.    Ilham Maulana, SE, Operator SIMAK-BMN PA. Bengkalis.

Gambar Kiri: Peserta sedang fokus dalam mengikuti acara tersebut
Gambar Kanan: Para peserta pelatihan sedang Foto bersama

Sesuai dengan tujuan dari diadakannya pembinaan SIMAK-BMN yaitu meningkatkan SDM operator SIMAK-BMN dimasing-masing Satker dilingkungan PTA. Pekanbaru, maka ketua PA.Bengkalis  menginstruksikan untuk melaksanakan pemantapan sosialisasi Aplikasi SIMAK BMN agar operator SIMAK BMN benar-benar menguasai aplikasi SIMAK-BMN dengan baik terkait pendataan Aset Barang Milik Negara Berupa Tanah dan Penetapan Status BMN yang ada di PA.Bengkalis, sehingga nantinya bisa menghasilkan Laporan Barang Milik Negara yang tertib administrasi, tertib fisik dan tertib hukum.

Diharapkan dengan diadakannya pembinaan operator SIMAK-BMN yang diselenggarakan oleh PTA. Pekanbaru dan dilanjutkan dengan pemantapan di satker PA. Bengkalis seluruh kendala dalam pengelolaan BMN dapat diminimalisir. Sehingga bisa menyajikan laporan Barang Milik Negara yang wajar dan akuntabelpada setiap satuan kerja  sehingga  akan memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Kegiatan pemantapan SIMAK-BMN pada Pengadilan Agama Bengkalis pada semester pertama tahun 2012 diakhiri dengan kegiatan rekonsiliasi di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai pada tanggal 02 Juli 2012. Tim SIMAK-BMN Pengadilan Agama Bengkalis yang terdiri dari WIRA AKHDIANA, SE. dan ILHAM MAULANA, SE bersama Tim SAKPA Pengadilan Agama Bengkalis yang terdiri dari RANDI SUATRIO, SE. dan IDHAM KHALID masing-masing melakukan Rekonsiliasi ke KPKNL dan KPPN Dumai setelah sebelumnya Tim SIMAK-BMN dan Tim SAKPA PA. Bengkalis melakukan Rekonsiliasi Internal SIMAK- BMN dan SAKPA diakhir bulan Juni 2012.( Tim Redaksi )

{jcomments on}