PA. BENGKALIS GELAR RAPAT TERBATAS “ SIDANG KELILING DI KABUPATEN SIAK “

KPA Bengkalis ( Drs. Faizal Kamil,SH,MH ) pimpin langsung Rapat Terbatas

Bengkalis||pa-bengkalis.go.id

Dalam rangka LOKAKARYA PENGUATAN SIDANG KELILING BADILAG. Di Jakarta pada tanggal 18, 19 -  Juli 2012 maka KPA. Bengkalis langsung menyatakan Rapat terbatas terkait dengan acara tersebut, sekaligus mempersiapkan sidang keliling masa bulan suci Ramadhan 1433 Hijriyah.

Peserta Rapat tersebut merupakan unsur perwakilan dari semua ini yang berhubungan dengan prosesi  Sidang keliling, yaitu Hakim, Pansek, Kaur Keuangan, Panitera Pengganti, dan Jurusita Pengganti. Agenda rapat terfokus kepada hal-hal berupa masukan / saran / harapan kedepan dalam pelaksanaan sidang keliling dikarenakan selama ini dana yang terbatas PA. Bengkalis diharuskan memberi pelayanan prima dalam program “ JUSTICE FOR ALL “ dan “JUSTICE FOR POOR “ olehnya beberapa kendala yang terungkap selama pelaksanaan sidang keliling  adalah :

•    Lokasi yang cukup jauh dari Pengadilan Agama Bengkalis :
Seperti Sungai Apit, Perawang, Dayun, dan Siak.
•    Ikut campurnya oknum KUA Kecamatan yang ikut dalam mendampingi para pihak dalam proses sidang keliling.
•    Kesulitan dalam hal proses mediasi dan Hakim Mediator dilokasi sidang keliling, sehingga Hakim – Hakim anggota di berdayakan untuk itu.
•    Pencairan dana DIPA sidang keliling PA. Bengkalis harus dicairkan melalui KPPN Dumai, sehingga menunggu untuk sekitar sebulan.

Hj. Nursyamsiah (No. tiga dari kanan) ketika mengusulkan kendaraan operasional sidang keliling kepada KPA. Bengkalis

Dari beberapa kendala dilapangan, imbuh Dra. Hj Nursyamsiah, MH. (salah seorang Hakim senior PA. Bengkalis, C.1) perlu kiranya kendaraan operasional khusus untuk pelaksanaan sidang. Lantas KPA. Bengkalis  membenarkan apabila hal itu bersifat urgent dan mendesak, sebab pelayanan instansi lain sudah ada sejak lama, seperti puskesmas keliling, pelayanan SIM keliling, Insya Allah kita nanti akan mengusulkan untuk kendaraan dinas guna keperluan  “ SIDANG KELILING “ sama halnya dengan puskesmas dan pelayanan SIM.

Di akhir kata, KPA. Bengkalis sangat berterima kasih atas atensi maupun masukan-masukan dari peserta, semoga hasil rapat terbatas ini bermanfaat dan dapat memberikan kontribusi pada acara lokakarya, karena lokakarya sendiri menurut kamus bahasa Indonesia adalah “Pertemuan antara para ahli (pakar) untuk membahas masalah praktis atau yang bersangkutan dengan pelaksanaan di bidang keahliannya” jadi KPA. Bengkalis menambahkan sebagai peserta lokakarya yang di undang oleh Bapak Dirjen Badilag (YM. Bapak Drs. H. WAHYU WIDIANA, MA) Sudah barang tentu kita harus mempersiapkan diri  karena sudah dianggap “pakar“ dan acara tersebut diadakan atas kerjasama Badilag. MARI dengan AIPJ (Australia Indonesia Partnership For Justice) lalu berkenaan dengan bulan suci Ramadhan sidang keliling akan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Selamat pak ketua ………..sukses dan lancar !............    (Tim redaksi)

{jcomments on}