Ditulis oleh Armansyah

Dari pagi hingga menjelang siang ini (13/07), Pengadilan Agama Rengat menggelar dua acara penting, yaitu pisah sambut Panitera Sekretaris PA Rengat dan Arisan Bulanan Instansi Penegak Hukum. Acara yang dimulai sejak pukul 08:00 WIB ini dihadiri oleh seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Agama Rengat beserta anggota keluarga. 

Ketika didaulat menyampaikan kesan dan pesannya, mantan Panitera/Sekretaris PA Rengat, Drs. Bulgani menungkapkan bahwa dirinya merasakan pengalaman yang tak ternilai selama mengabdi di Pengadilan Agama Rengat ini.

"Hampir tiga tahun saya bekerja di sini, saya merasakan suasana kantor yang nyaman, harmonis dan menyenangkan. Rasanya, berat hati ini untuk meninggalkan Rengat, Tapi demi tugas dan pengabdian kepada negara, saya harus berangkat dan bertugas di PA Tembilahan". Ujar Pansek kelahiran Salo, Bangkinang ini.

"Di Pengadilan Agama Rengat ini, saya merasakan ketentang dalam bekerja, suasana kantor yang kondusif dan harmonis, serta didukung pula oleh tenaga-tenaga dan pegawai yang handal, profesional dan berintegritas tinggi. Tidak ada sikap saling mencurigai antara sesama kita, semua dilandasi sikap saling percaya. Hal ini lah yang membuat kita berhasil melaksanakan program-progam yang ada dengan hasil yang baik". Tambahnya.

Di akhir kata-katanya, ayah tiga anak ini berpesan agar kondisi dan keharmonisan PA Rengat ini terus dipertahankan untuk masa-masa yang akan datang, sehingga prestasi yang diraih akan lebih cemerlang.

Kesan dan Pesan dari mantan Pansek PA Rengat, Drs. Bulgani

Dalam kesempatan yang sama, Panitera/Sekretaris PA Rengat yang baru, Drs. Abd.Hamid juga mengutarakan hal yang serupa. Baginya, terasa berat juga pada dasarnya untuk meninggalkan Tembilahan, terlebih karena rumah dan keluarganya berada di ibukota Kabupaten Indragiri Hilir tersebut. 

"Tapi demi pengabdian kepada negara dan masyarakat, kita harus siap ditempatkan di mana saja". Ujarnya mantap.

Pansek PA Rengat yang baru, Drs. Abdul Hamid menyampaikan sambutan

Sementara itu, mewakili hakim dan segenap pegawai Pengadilan Agama Rengat, A. Mahfudin, S.Ag., MH menyampaikan sepatah kata berupa pesan dan kesan yang ditujukan terhadap Drs. Bulgani selaku mantan Panitera/Sekretaris PA Rengat. Secara umum, beliau mengungkapkan bahwa selama hampir tiga tahun bergaul dengan Drs. Bulgani, baik dalam kedinasan maupun sehari-hari, banyak hal-hal positif yang dapat dipelajari dan dijadikan pengalaman dalam hidup. 

"Apalagi beliau (Drs. Bulgani, red) merupakan pelati tennis kita. Jadi kita sangat merasa kehilangan. Nanti, kalau tidak betah di Tembilahan, segera balik saja ke rengat". Ujar Hakim yang mahir berceramah ini dengan bercanda.

Tak lupa, beliau juga menyelipkan beberapa bait pantun:

Siapa melangkah di jalan Tuhan
Ke mana pergi badan selamat
Siapa amanah dalam kebenaran
Tuah terdiri iman melekat
 
Siapa suka duduk mengaji
Banyaklah ilmu dapat dikenang
Siapa suka mengelokkan budi
ke hilir ke hulu disayang orang
 
Pandai-pandai menjaga diri
Lubang banyak di tengah jalan
Orang pandai tahukan diri
Hidup berakal mati beriman
 
Kalau suka menenggang kawan
Segala sahabat akan mendekat
Kalau suka mengenang Tuhan
Pahala dapat hidup selamat

Sambutan A. Mahfudin, S.Ag., SH mewakili hakim dan pegawai PA Rengat

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua PA Rengat yang langsung disampaikan oleh Drs. Efrizal, SH., MH. Dalam sambutan tersebut, Ketua PA Rengat menyampaikan terima kasih atas pengabdian Drs. Bulgani yang telah menjalankan tugas sebagai Panitera/Sekretaris di PA Rengat selama beberapa tahun, yang mana dalam kurun waktu tersebut telah tercipta suasana yang harmonis dan kondusif di kantor.

Sebelum acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian cindera mata dan bermaaf-maafan, tak lupa Ketua PA Rengat menyelipkan pantun dalam sambutan tersebut:

Kalau tidak karena unggas
Takkan habis padi di sawah
Kalau tidak karena tugas
Tidak kita akan berpisah

Penyerahan Cindera Mata oleh Ketua PA Rengat

Acara kedua yang tak kalah pentingnya adalah Arisan Bulanan Instansi Penegak Hukum yang kali ini ditaja oleh Pengadilan Agama Rengat selaku tuan rumah (Sebelumnya diadakan di kantor Kejaksaan Negeri Rengat). Mengingat arisan kali ini bertepatan dengan menyamabut datangnya bulan suci Ramadhan, maka acara wirid yang biasanya diisi dengan membaca Surah Yasin, kali ini diganti dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Drs. M. Rasyid.

Dalam ceramahnya, mantan Panitera/Sekretaris PA Rengat yang sudah pensiun ini mengajak agar seluruh hadirin mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam menyambut datangnya bulan suci ini sehingga ibadah puasa dapar dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Mantan Pansek PA Rengat, Drs. M. Rasyid menyampaikan ceramah menyambut Ramadhan

{jcomments on}