SIDANG KELILING DI PENGHUJUNG BULAN RAMADHAN

Gambar: Majelis A sedang menunggu kapal  penyebrangan menuju balai sidang Pengadilan Agama Siak

Bengkalis||pa-bengkalis.go.id

Suasana sidang kali ini nampak berbeda dengan hari-hari sebelumnya, dimana sebelum sidang dilaksanakan di balai sidang Pengadilan Agama Kabupaten Siak biasanya Majelis hakim terlebih dahulu sarapanbersama, namun kali ini tidak karena dalam suasana puasa, sehingga Majelis Hakim langsung menuju ke balai sidang tepat jam 09:00 WIB, dan sidang keliling kali ini adalah Majelis A yaitu Drs. Faizal Kamil, SH.,MH selaku Ketua Majelis, Laila Syahidan, S.Ag selaku Hakim Anggota I, M. Misbachul Anam, S.HI.,MH selaku Hakim Anggota II, dan di bantu Sudarmono S.HI selaku Panitera Sidang.

Sidang keliling kali ini perkara berjumlah 17 (tujuh belas) perkara yang beragam jenisnya, satu diantaranya perkara harta bersama, jugaharta bersama komulasi denganhadhonah dan nafkah anak, selebihnya perkara perceraian baik cerai gugat maupun cerai talak, Persidangan dimulai jam 09:00 WIB dan di selesaikan oleh Majelis Hakim pada pukul 14:00 WIB.

Gambar: Suasana Sidang Keliling ke-25PA.Bengkalis di balai sidangPengadilan Agama Siak

Walau dalam suasana puasa Majelis Hakim tetap semangat dalam menjalani persidangan sehingga dari 17 (tujuh belas) perkara yang ada 7 (tujuh) diantara diputus oleh Majelis Hakim, satu diantaranya adalah perkara cerai talak komulasi dengan isbat nikah yang dicabut oleh pihak pemohon karena mediasi yang dilaksanakan oleh Mediator LAILA SYAHIDAN, S.Ag berhasil, selebihnya ditunda dengan berbagai alasan mulai di tunda untuk memanggil Tergugat, Pembuktian, melengkapi Pembuktian dan lain sebagainya, Adapun penundaan sidang berikutnya satu perkara di tunda   tanggal 27 September 2012, selebihnya di tunda tanggal 06 September 2012.

Gambar: Para pihak berperkara sedang menunggu giliran persidangan

Berdasarkan hasil dialog oleh petugas sidang keliling terhadap beberapa dari pihak berperkara, mereka mengatakan merasa terbantu dan terlayani dengan adanya sidang keliling ini, karena tak bisa dibayangkan  bila mereka harus datang langsung ke Kantor Pengadilan Agama Bengkalis, disamping jarak tempuh yang jauh belum biaya transportasi yang harus mereka keluarkan, oleh karena mereka berharap agar sidang keliling yang dilaksanakan oleh PA. Bengkalis di Kabupaten Siak ini terus berkesinambungan, dan mereka juga berharap semoga sarana dan prasarana khususunya ruang tunggu dan tempat duduk para pihak dibalai sidang Siak ini  segera  ada sehingga para pihak yang menunggu giliran bersidang ini bisa tertib dan antusias*** (Tim Redaksi)

{jcomments on}