Gambar saat di Loby Hotel Jatra (kiri) Pansek (Mukti Ali, S. Ag., MH),  (Kanan) KPA Tanjung Balai Karimun (Drs. H. Usman, SH., MH)

www.pa. tbkarimun.go.id

Ketua Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun (Drs. H. Usman, SH., MH)  dan Panitera/Sekretaris (Mukti Ali, S. Ag., MH), berdasarkan  undangan melalui surat  Ketua Pengadilan  Tinggi Agama Pekanbaru, Nomor : W4-A/1400/HM.00/VII/2012,  tanggal 31 Juli 2012, menghadiri  acara pelantikan Hakim Tinggi, Ketua Pengadilan Agama  sekaligus acara serah terima jabatan dari Ketua PA lama serta Peringatan Nuzulul Qur’an dan buka puasa bersama  yang dilaksanakan pada hari Selasa (14/08/2012) bertempat di Ball Room Hotel Jatra Pekanbaru.

Sekitar pukul 15.00 WIB, sudah tampak terlihat  para  Ketua  Pengadilan Agama dan Pansek  berkumpul diruang loby Hotel Jatra, 15 menit kemudian  hadir WKPTA Pekanbaru  Drs. H. Armia Ibrahim, SH  dan tidak berselang lama hadir pula KPTA Pekanbaru Drs. H. Mahyiddin Usman, SH., MA  beserta istri.

Dengan suasana yang penuh ke keluargaan  sempat pula sejenak berbincang-bincang  KPTA, WKPTA dengan  para Ketua PA dan Pansek  di ruang Loby, dan kemudian  pukul  15.30 WIB  semua yang hadir  berkumpul  Ball Room Hotel Jatra Lantai 5 (lima) untuk  mengikuti prosesi  Pelantikan  dan Serah Terima Jabatan serta Nuzul Qur’an yang di dahului dengan sholat ashar berjamaah.

Hadir dalam Acara tersebut selain dihadiri seluruh Hakim Tinggi PTA Pekanbaru, Pansek PTA Pekanbaru,  Pejabat Struktural dan Fungsional beserta staf PTA Pekanbaru, juga dihadiri oleh para undangan yakni Hakim Tinggi PT Pekanbaru, Hakim Tinggi PTA Padang, Ketua PA dan Panitera/Sekretaris  Se-Wilayah PTA Pekanbaru, serta seluruh keluarga besar para peserta pelantikan.

a.    Pelantikan dan Serah Terima Jabatan

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru Drs. H. Mahyiddin Usman, SH., MA melantik 4 (empat)  orang Hakim Tinggi PTA Pekanbaru yang baru, keempat orang  Hakim Tinggi yang dilantik adalah; (1) Drs. H. Alizar Jas, SH., MH yang sebelumnya adalah Hakim Tinggi PTA Padang,  (2) Drs. H. Idris Ismail, SH., MH yang sebelumnya adalah Hakim Tinggi PTA Palu, (3) Drs. Muchtarom, SH., MH  sebelumnya Ketua PA Cilacap dan (4) H. Imam Ahfasy, SH sebelumnya adalah Ketua PA Cimahi.

Gambar; saat prosesi acara pelantikan  dan pengucapan sumpah dua orang Hakim Tinggi

2 (dua) orang Hakim Tinggi   yang mendapatkan promosi dari Ketua Pengadilan Agama  terlebih dahulu dilakukan pengucapan sumpah sebagai Hakim Tinggi, yakni; Drs. Muchtarom, SH., MH dan H. Imam Ahfasy, SH.

Setelah selesai pelantikan Hakim  Tinggi, kemudian KPTA Pekanbaru melantikan  para ketua Pengadilan Agama  yang baru dan dilanjutkan dengan acara serah terima jabatan dari Ketua Pengadilan Agama yang lama kepada  Ketua Pengadilan Agama yang baru.

Ketua PA yang dilantik dan serah terima jabatan itu adalah; Ketua Pengadilan Agama  Pekanbaru  Kelas I A yang lama Drs. Firdaus, SH., MH  kepada Drs. Abu Thalib Zisma (yang sebelumnya KPA Karawang),  Ketua Pengadilan Agama Batam  Kelas I B yang lama Drs. H. Dasril, SH., MH kepada Drs. H. Nuheri, SH., MH (yang sebelumnya WKPA Batam Kelas I B),  Ketua Pengadilan Agama Bangkinang Kelas I B yang lama Drs. H. Amridal, SH., MA  kepada Dra. Lisdar (yang sebelumnya KPA Muara Bulian), Ketua Pengadilan Agama  Ujung Tanjung yang lama  Drs. H. M. Yusar, MH  kepada Drs. H. Affandi (yang sebelumnya KPA Tarempa) dan Ketua Pengadilan Agama  Tarempa yang lama Drs. H. Affandi kepada Drs. Sasmiruddin (yang sebelumnya WKPA Tarempa).

Acara pelantikan tersebut ditutup dengan ucapan selamat kepada Hakim Tinggi, dan Ketua PA yang baru saja dilantik serta teriring doa akan mereka dapat melaksanakan tugas yang dengan sebaik-baiknya. Amin

b.    Peringatan Nuzul Qur’an

Tidak berselang lama,  masih ditempat yang sama, acara dilanjutkan dengan  peringatan Nuzul Al-qur’an 1433 H/ 2012 M, Sebagai penceramah adalah Wakil Ketua PTA Pekanbaru Drs. H. Armia Ibrahim, SH.

Drs. H. Armia Ibrahim, SH dalam tausiahnya  memaparkan beberapa kategori isi kandungan al-Qur’an antara lain: Masalah Aqidah/ ilmu ketauhidan, Masalah Ibadah, Masalah Akhlak, Kisah Para Nabi dan Ummat terdahulu agar menjadi i’tibar, Reward and Punishment. Selain itu juga beliau juga memaparkan tentang keutamaan al-quran diantaranya adalah membaca al-Qur’an itu sendiri adalah bernilai ibadah serta al-Qur’an diturunkan dengan lafazh dan maknanya.

Gambar (kiri)  KPA Tanjung   Balai Karimun, (Kanan) Pansek Tanjung  Balai Karimun sedang mendengarkan  Tausyiah Nuzul Qur’an

Usai uraian tentang peringatan Nuzul Qur’an,   kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan  sekaligus  pengarahan dari KPTA Pekanbaru Drs. H. Mahyiddin Usman, SH.,MA  dalam pengarahannya, beliau  mengucapkan selamat kepada para Hakim Tinggi yang  baru dilantik, selamat bertugas di daerah Pekanbaru  serta mengharapkan agar Para Hakim Tinggi dan Ketua PA yang baru dilantik  dapat menyumbangkan Keilmuan, serta Pengalamannya untuk Kemajuan PTA Pekanbaru, yang tentunya berimbas pula untuk kemaslahatan masyarakat pencari keadilan di wilayah Provinsi Riau.

“Kami berkeyakinan bahwa Bapak-Bapak yang baru saja diambil sumpah dan dilantik  adalah pejabat karir yang telah berpengalaman cukup banyak di bidang tugas nya masing-masing,. Oleh karena itu kami ucapkan selamat bergabung dan kami berharap pengalaman-pengalaman positif tersebut dapat disumbangkan dan ditransformasikan untuk kemajuan Peradilan Agama di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru” Ujar beliau dengan  penuh harap.

Disamping itu beliau juga menyoroti sebagai mana disadari bersama bahwa PTA adalah sebagai Kawal Depan Mahkamah Agung, maka ujung tombaknya tentu berada pada Para Hakim Tinggi. “Hakim Tinggi diharapkan menjadi motivator bagi daerah pengawasannya agar selalu menjalankan tugas dan fungsi peradilan dengan baik sesuai aturan yang berlaku.” Ungkap Beliau dipenghujung sambutannya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan santunan anak yatim yang ada dilingkungan PTA Pekanbaru,  dan ditutup dengan doa yang diimami oleh Drs. Sanul Airi  dan buka puasa bersama… (Tim Redaksi)

{jcomments on}