Gambar; suasana   Jum’at bersih samping kananan halaman kantor (terlihat WKPA Tb. Karimun (Drs. Syafi’i)  sedang menebas rumbut dengan mahirnya.

www.pa-tbkarimun.go.id

Berawal dari sebuah pengumumanan  apel pagi kamis (30/08/12), oleh pembina apel WKPA Tanjung Balai Karimun (Drs. Syafi’i). “Dalam keadaan siap diberitahukan  kepada  seluruh peserta apel, bahwa besok pagi (Juma’at/31/08/12)  kita   akan mengadakan gotong royong, diharapkan kepada  kita semua untuk membawa peralatan  secukupnya” ujar WKPA  dalam penyampaiannya tersebut.

Jum’at pagi (31/08/12), meskipun cuaca mendung, di iringi dengan rintik-rintik hujan, para karyawan Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun tetap semangat melakukan kebersihan. Mulai dari membersihkan rerumputan di halaman, samping kantor, hingga membersihakan ruangan masing-masing, semuanya dilakukan secara bergotong royong oleh karyawan Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun dengan penuh kebersamaan dan keceriaan pagi.   

Gotong royong kali ini melibatkan seluruh jajaran Pengadilan Agama  Tanjung Balai Karimun,  tanpa kecuali. Nuansa kebersamaan juga begitu terlihat, mulai dari pembagian tugas sampai pembagian peran masing-masing. Sebagian besar Bapak-bapak bertugas di pekarangan kantor, sementara ibu-ibu sibuk di dalam kantor membersihkan peralatan kantor.

Kelompok bapak-bapak tampak serius mengayunkan alatnya masing-masing, ada menebas dengan parang, memotong rumput pakai mesin, mencangkul, membersihkan sampah, dan ada pula yang mendorong gerobak.

Sementara kelompok ibu-ibu sibuk mengelap kaca, membersihkan plafon, menyapu, menata dan merapikan  peralatan dan ada juga yang bertugas menyiapkan snack dan minuman.

Satu hal yang menjadi perhatian dari peserta gotong royong saat melihat Wakil Ketua (Drs. Syafi’i) langsung  terjun  dengan  tangkasnya  menari-narikan mesin pemotong rumput, membabat habis  dengan bersih rumbut yang ada disekitarnya.

”Tak disangke ye  Bapak Wakil  Ketue  kite ni  ahli  juge  motong  rumput” ujar seorang yang tidak mau disebut namanya dengan logat khas bahasa melayunya.

Suasana keakraban begitu tampak diantara para anggota gotong royong, saling ledek meledek, bersenda gurau dan sekali-sekali dibumbui canda tawa dan berbagai banyolan-banyolan segar. Sehingga suasana tampak mencair dan segala ketegangan hilang, setelah seminggu beraktifitas  pasca lebaran idul fitri.

Kegiatan ini terlaksana tentu tidak lepas dari komitmen yang kuat dari unsur pimpinan. Ketua, Wakil Ketua dan Panitera/Sekretaris selaku motor penggerak, yang selalu berkomitmen mengusung semangat perubahan ke arah lebih baik, mengusung semangat gotong royong yang penuh keakraban dan kebersamaan bukanlah pekerjaan mudah,  dan perlu diberi apresiasi dan dicontoh semua orang.

Usai  gotong royong dilaksanakan, dilanjutkan dengan snek dan makanan ringan yang telah disediakan oleh ibu-ibu  di depan pintu masuk Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun Semoga kebersamaan ini tetap terjaga dan kebersihan menjadi budaya dan tradisi yang terus dijaga kelestariannya demi lingkungan yang bersih dan sehat, dan rasa persaudaraan dan solidaritas di antara pegawai juga akan semakin baik. Sehingga dapat mendukung pelaksanaan setiap program.. (Tim Redaksi).

{jcomments on}