Gambar dari kiri berurutan: H. Mahmud Syahroni HS., SH., Drs. H. Zulfan Batubara (Penceramah), Drs. H. Usman, SH., MH (KPA Tanjung Balai Karimun) dan  Mukti Ali, S. Ag., MH (Pansek PA Tanjung Balai Karimun)

www.pa.tbkarimun.go.id

Minggu (02/09/2012), menjelang zhuhur keluarga besar  Darmayukti Karini Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun menggelar acara “Halal bi Halal” bertempat di kantor lama yang sekarang dijadikan rumah dinas Ketua Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun, yang dihadiri Wakil Ketua beserta istri, seluruh Hakim, Pansek dan Karyawan/Karyawati serta Pengurus dan Anggota Darmayukti Karini Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun.

Kegiatan Halal bi Halal tersebut diprakarsai  oleh ibu-ibu Darmayukti Karini PA Tanjung Balai Karimun  dan sengaja dilaksanakan diluar aktifitas jam kantor,  sehingga acara berjalan tidak begitu  formal dan dalam suasana penuh keakraban dan kekeluargaan.

Diawali dengan prakata dari pembawa acara oleh H. Mahmud Syahroni, HS., SH, (Panmud Hukum PA Tanjung Balai Karimun), kemudian dilanjutkan  sambutan  oleh Ketua PA Tanjung Balai Karimun (Drs. H. Usman, SH., MH).

Dalam Sambutannya KPA Tanjung Balai Karimun,  menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Pegawai Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun dan anggota Dharmayukti Karini atas kehadiranya dalam rangka mengikuti kegiatan tersebut.

“Atas nama pribadi dan pimpinan Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun tidak lupa Saya  mengucapkan permohonan maaf atas segala kesalahan-kesalahan selama bergaul setiap harinya baik dalam pergaulan secara kedinasan ataupun secara kekeluargaan” ujar Ketua yang bersahaja ini.

Lebih lanjut Ketua juga menyampaikan harapan,  semoga dengan melaksanakan Ibadah Ramadhan 1433 H dan dengan masuknya  bulan syawal ini, seluruh Pegawai Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun dan keluarga tentunya dijadikan orang-orang yang Muttaqin yang nantinya bisa berimplementasi pada tugas-tugas sehari-hari sebagai abdi masyarakat terutama dalam rangka pelayanan pencari keadilan di Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun  akan lebih baik dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Tampil memberikan ceramah “Halal bi Halal”  salah seorang  penceramah yang sehari-hari aktif  berda’wah  di Kabupaten Karimun adalah Drs. H. Zulfan Batubara. Dalam ceramahnya, beliau banyak menekankan pentingnya untuk saling maaf memaafkan, terutama usai kita menjalani ibadah ramadhan sebulan penuh.

“Kita meyakini bahwa dosa-dosa yang telah kita lakukan kepada Allah SWT. kalau saja kita bersungguh-sungguh memohon ampunan Allah, maka Allah pasti memberikan ampunannya, Insya Allah”  ungkap penceramah asal medan ini.

Lebih lanjut, si penceramah  juga menyampaikan bahwa dosa-dosa yang telah kita perbuat terhadap sesama tidak akan mendapatkan ampunan dari Allah sebelum kita saling maaf memaafkan. Dalam konteks saling maaf memaafkan, sesungguhnya tidak hanya dilakukan dalam konteks usai melaksanakan ibadah ramadhan, tetapi dalam perspektif ajaran Islam kalau ada yang merasa berdosa terhadap sesamanya, harus segera untuk meminta maaf dan saling memaafkan.

Dengan penuh canda tanpa mengurangi kehidmatan acara, beliau sempat pula menyinggung  betapa besar peran seorang istri terhadap suami dalam meniti karir, apalagi dalam acara halal bi hal ini  telah pula diprakarsai oleh ibu-ibu,   ini menunjukkan bahwa ibu-ibu mengambil peran yang cukup besar dalam menunjang kesuksesan kerja suami. dan peran isteri  seperti ini memang sangat kita butuhkan.

“Tidak ade seorang suami pun yang bise sukses dalam meniti karir tanpe ditunjang seorang isteri, “ujar penceramah yang  sudah pasih berbahasa melayu ini.

Usai ceramah dan dilanjutkan dengan doa, kemudian salam-salaman, saling memaafkan dan diakhiri dengan   tasyakuran, menikmati hidangan makan siang bersama… (Tim Redaksi).

{jcomments on}