KPA. BENGKALIS SOSIALISASIKAN BIMTEK ANGKATAN KE V

Gambar: KPA. Bengkalis, Drs. Faizal Kamil, SH.,MH sedang menyampaikan sosialisasi Bimtek dihadapan segenap jajarannya (tengah) didampingi Waka PA.Bengkalis Dra. Burnalis, MA (kiri) dan Pansek PA. Bengkalis Khaironi, SH (Kanan)

Bertempat di ruang sidang PA. Bengkalis KPA.Bengkalis melakukan sosialisasi hasil Bimtek angkatan V di Hotel Mercure-Ancol Jakarta, acara yang dibuka oleh Wakil Ketua MA.RI Non Yudisial YM Dr.H.Ahmad Kamil, SH.,M.Hum, mulai tanggal 15 September 2012 s/d 19 September 2012 adalah Bimtek yang dihadiri oleh Ketua PA dan Hakim Tinggi PTA seluruh Indonesia, yang dirangkai dengan acara HUT ke-130 Badan Peradilan Agama, Narasumber dari acara dimaksud adalah:

1.    Bapak Tuada Uldilag MARI, Dr. H. Andi Syamsu Alam, SH.,MH.
2.    Bapak Hakim Agung MARI, Prof. Dr. H. Abdul Manan, SH.,SIP.M.Hum.
3.    Bapak Dirjen Badilag, Drs. H.Wahyu Widiana, MA.
4.    Bapak Waka PTA. Surabaya, Drs. H. Amran Suadi, SH.,MH.MM.
5.    Bapak Waka PTA. Jakarta, Drs. H. Zainuddin Fajai, SH.,MH.
6.    Bapak Hakim Tinggi Jakarta dan Ibu Egi Sutjiati dari World Bank atau LSM.
7.    Timnas Siadpa-Plus Ditjen Badilag. MA.RI.

Gambar: Suasana Bimtek di Hotel Marcure-Ancol Jakarta

Ada beberapa pointer yang terbait dengan Bimtek yang lalu, dalam kaitan tugas sehari-hari, yang pada pokoknya adalah sebagai berikut:

-    Untuk mempercepat pelayanan kepada para pencari keadilan intinya melalui SIADPA-PLUS dan SIADPTA PLUS yang merupakan pengembangan dari Pola Bindalmin sekaligus dipadukan dengan buku II.
-    Bindalmin secara manual, kini harus disempurnakan melalui Elektronik, agar sesuai dengan azas Peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan.
-    Bidang teknis  dari pendaftaran, proses persidangan sampai putus harus rapi dan sesuai prosedur, menilai dari menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim dan menyimpan berkas-berkas perkara.
-    Khusus  Berita Acara, diseragamkan menjadi Berita Acara Sidang, sedangkan putusan
-    Dalam acara bedah berkas, masih ada di temukan kekeliruan  dalam register gugatan, jurnal keuangan dan seluruh yang terkait dengan administrasi perkara, akan tetapi telah diberikan petunjuk pelaksanaan oleh narasumber sehingga menjadi jelas dan dapat di pelajari lebih lanjut.

Pertemuan di ruang sidang PA. Bengkalis dilanjutkan tanya jawab, dan pertemuan Tim SIADPA Plus di pandu Sudarmono S.Hi dalam menyelesaikan blangko Berita Acara Sidang pertama dan seterusnya, mulai dari perkara Cerai Gugat, Cerai Talak, Despensasi Nikah, Isbat Nikah, tepat pukul 16.00 Wib acara selesai, harapan KPA Bengkalis kepada Administrasi perkara pada PA. Bengkalis selalu dapat lebih di tingkatkan lagi kualitasnya..... Semoga!!! ***(Tim Redaksi)

{jcomments on}