“SUDAHKAH ANDA SEDEKAH HARI INI…?”

Gambar : KPA.Bengkalis (Drs. Faizal Kamil, SH.,MH) sedang mendampingi penceramah (Gita Febrita, S.HI)

Bengkalis || Pa-Bengkalis.go.id

Diriwayatkan dari Abu Musa RA: Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Setiap muslim harus bersedekah.” Seseorang bertanya, “Ya Rasulullah! Jika seseorang tidak memiliki apa pun untuk disedekahkan, apa yang harus ia lakukan?” Nabi Muhammad SAW bersabda, “Ia harus bekerja hingga memperoleh upah dan memberikan sedekah.” Seseorang kembali bertanya, “Bagaimana jika hal itu pun tidak bisa ia lakukan?” Nabi Muhammad SAW menjawab, “Tolonglah orang yang membutuhkan pertolongan.” Lalu ia bertanya lagi, “Jika ia tidak dapat melakukan hal itu?” Nabi Muhammad SAW bersabda, “Maka ia harus mengerjakan semua perbuatan baik dan menghindari semua perbuatan buruk dan hal ini akan diperhitungkan sebagai pahala bersedekah.”

‘SEDEKAH DAN KEUTAMAANNYA’ menjadi tema kegiatan bintal di PA Bengkalis yang disampaikan olehsalah seorang Hakim, Gita Febrita, S.HI, pada hari Senin (24/09/2012)tepat pada pukul 08.00 WIB setelah sebelumnya acara dibuka oleh salah satu tenaga honorer, Syahrani. Kegiatan rutin yang diadakan di ruang kepaniteraan PA Bengkalis ini dihadiri oleh seluruh hakim, pegawai dan tenaga honorer.

Dalam uraiannya, Hakim yang merupakan lulusan Pesantren Nurul Hidayah Bengkalis ini menyampaikan bahwa dalam urusan mencari rizki dan mencari dunia-Nya, Allah SWTmemberikan cara yang gampang dan mudah bagi manusia. Allah SWT menyebut kunci dari segala kunci bagi manusia adalah dengan beribadah kepada-Nya, antara lain dengan bersedekah. Sedekah merupakan salah satu amal shaleh yang tidak akan terputus pahalanya, seperti sabda Rasulullah SAW: "Apabila seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara, sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, anak shaleh yang selalu mendo'akan kedua orang tuanya." (HR. Muslim). Dengan sedekah, kita bisa memperoleh ampunan Allah SWT, menghapus dosa, dan menutup kesalahan serta keburukan. Sedekah bisa mendatangkan ridhoAllah SWT, juga bisa mendatangkan kasih sayang dan bantuan Allah SWT.

Gambar : Suasana Bintal di ruang Kepaniteraan PA. Bengkalis

 

Dalam bintal kali ini, dengan semangat beliau menyampaikan sebuahilustrasi yang juga pernah disampaikan oleh Ustad Yusuf Mansur, bagaimana sebenarnya dan sebaiknya sistem sedekah ini bekerja. Allah SWT sendiri telah menjanjikan, jika manusia mau bersedekah, maka Allah SWT pasti akan menggantinya dengan jumlah minimal 10 kali lipat,sesuai dengan Al-Qur'an surat Al-An’aam ayat 160.Bahkan di dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 261, Allah SWT menjanjikan balasan sampai 700 kalilipat. Oleh karena itu, dengan berpedoman pada Al-Qur'an tersebut, maka sedekah bisa dibuat "hitung-hitungan" matematika, yang disebutnya sebagai Matematika Dasar Sedekah.Satu hal yang perlu diingat, apabila kita melakukan sedekah dengan harta terbaik dan dengan keyakinan yang sangat tinggi akan janji Allah SWT (sedekah ekstrim) maka balasan yang akan kita terima pasti secara ekstrim juga.

Sebagai pelengkap, diriwayatkan dari Abu Hurairah RA: Seorang lelaki menemui Nabi Muhammad SAW dan bertanya, “Ya Rasulullah SAW, sedekah apakah yang paling utama?” Nabi Muhammad SAW menjawab, “Sedekah yang kau berikan ketika kau dalam keadaan sehat, kikir dan takut terhadap kemiskinan dan menginginkan kekayaan. Janganlah menunggu sampai dekatnya saat kematian dengan mengatakan, ‘untuk si Fulan sekian, dan untuk si Fulan sekian, dan harta tersebut telah menjadi milik ahli warisnya.’

Dari Hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa ada 4 kriteria orang yang paling afdhol dalam bersedekah, yakni:

1.    Dalam keadaan sehat dan berambisi mengejar keuntungan duniawi;
2.    Dalam keadaan sangat ingin menjadi kaya;
3.    Dalam keadaan sangat khawatir menjadi miskin; dan
4.    Tidak dalam keadaan sudah menjelang meninggal dunia dan bersiap-siap membuat wasiat soal harta yang terpaksa ditinggalkannya.

Hakim yang juga alumni dari UIN Maulana Malik Ibrahim di Malang tersebut menceritakan tentang beberapa Kisah-Kisah Keajaiban Sedekahtermasuk kisah nyata yang beliaualami, sehingga bintal kali ini sangat menyedot perhatian hadirinsaat itu. Di akhir penyampaiannya beliau utarakan jugabahwasegala sesuatunya terpulangkepada diri kita sendiri untuk membuka mata hati kita, untuk berkeyakinan, positive thinking, dan berserah diri serta ikhlas kepada Allah SWT. Bahwasanya Allah SWT akan memberikan balasannya atas sedekah kita dalam bentuk apapun, dan Allah SWT pasti membalas dengan balasan yang tidak akan dikurangi sedikitpun bahkan dilebihkan sampai batas tidak terhingga jika Allah SWT berkehendak, sesuai JANJI-NYA.

Usaiacara Bintal, dilanjutkandengan beberapa arahan dariDrs. Faizal Kamil, SH, MH(Ketua PA Bengkalis)mengenaihal-hal yang berkaitan dengan aktivitas kerja di PA Bengkalis. Beliau juga menyampaikan agar menerapkan ilmu-ilmu yang telah disampaikan oleh pemateri dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan Bintal ini ditutup oleh pembawa acara dengan HAMDALAH serta pembacaan jadwal petugas dan pemateri bintal bulan depan. ***(Zuhrini)

{jcomments on}