Dari kiri : Drs. M. Syukri beserta isteri (Hakim yang dilantik), Ketua PA. dan PNS yang disumpah

Tembilahan | pa-tembilahan.go.id

Pada hari Kamis tanggal 27 September 2012 M. bertepatan dengan tanggal 11 Zulqaidah 1433 H. Yang bertempat di rung Sidang Pengadilan Agama Tembilahan dilaksanakan acara pengambilan sumpah PNS dan pelantikan Hakim, yang dihadiri oleh Wakil Ketua, para Hakim, Panitera/Sekretaris, jajaran Kepaniteraan dan Kesekretariatan serta seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Tembailahan.

Berdasarkan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI. Nomor : 751/SEK/PNS.00.2/VII/2012 tanggal 24 Juli 2012, terhitung mulai 01 Agustus 2012 Ria Novitandri, HM. SE. diangkat sebagai Pegawai negeri Sipil (PNS). Sedangkan Drs. M. Syukri, bedasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor : 1482/DjA/KP.04.6/SK/VI/2012 tanggal 7 Juni 2012, yang menjabat sebagai Hakim PA. Kuala Tungkal  Kelas II di mutasikan sebagai Hakim Pengadilan Agama Tembilahan Kelas II.

Prosesi Pelantikan Hakim

Prosesi acara pengambilan sumpah dan pelantikan dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI, oleh Maria Makhdalena (Kaur Kepagaian), kemudian pengambilan sumpah PNS. Dan pelantikan Hakim oleh Ketua Pengadilan Agama Tembilahan Drs. Moh Nur, MH.

Dalam pengarahannya, Ketua Pengadilan Agama Tembilahan menyampaikan ucapan selamat, baik kepada Ria Novotandri sebagai PNS. maupun  kepada Drs. M. Syukri sebagai Hakim yang baru dilantik.

Kepada Ria Novitandri yang baru saja diambil sumpahnya, Ketua menyampaikan bahwa Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi Ria, karena telah menjadi Pegawai Negeri Sipil dan secara otomatis mendapatkan hak yang sama dengan PNS lainnya. Setelah diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), sumpah yang telah diucapkan tersebut hendaknya dapat diimplementasikan kedalam kehidupan sehari, baik secara duniawi maupun ukhrowi.  Tingkatkan kinerja untuk menapak masa depan yang lebih baik, karena peluang terbuka lebar untuk jabatan yang lebih tinggi dan jaga amanah dengan baik, tingkatkan disiplin guna menunjang dan kelancaran pelaksanaan tugas.

Prosesi pengambilan sumpah PNS

 

Kepada Hakim yang baru dilantik, Ketua menyampaikan ucapan selamat datang di Kota Tembilahan  yang di kenal dengan Kota seribu jembatan, selamat bergabung di Pengadilan Agama Tembilahan sembari mengingatkan kepada pejabat yang dilantik  untuk dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Ketua juga mengingatkan kepada hakim yang dilantik agar secepat mungkin dapat menyesuaikan diri dan memberikan contoh tauladan yang baik kepada seluruh  pegawai lainnya, sehingga  segala tugas yang diamanahkan dapat dilaksanakan dengan senang hati, apalagi saat ini  jumlah perkara yang masuk ke Pengadilan Agama Tembilahan rata-rata 60 perkara perbulan dan mengalami kenaikan  dari tahun sebelumnya, karena itu dengan dilantiknya M. Syukri, maka Pengadilan Agama Tembilahan mendapat suntikan amunisi baru sehingga dalam pelaksaan tugas pokok yaitu, Menerima, Mengadili dan Menyelesaikan dapat terwujud sesuai apa yang diharapakan.

Posesi ucapan selamat kepada pejabat yang dilantik dan PNS yang diambil sumpah

Selanjutnya Ketua juga menekankan  bahwa dalam pelaksaaan tugas keperkaraan, Pengadilan Agama Tembilahan sudah melaksanakan Aplikasi SIADPA Plus, untuk terwujudnya SIADPA Plus ini,  tentu harus ada koordinasi dan kerjasama  yang baik di jajaran kepaniteran terutama jurusita Pengganti, Panitera Pengganti dan para Hakim yang menengani perkara tersebut, sehingga sinkronisasi  perkara dalam berkas dan penerapannya pada Aplikasi SIAPA Plus  terlaksana dengan baik.

Kemudian acara ditutup dengan pembacaan do’a yang dipandu oleh Iskandar Zulkurnain, S.Ag. (Panitera Muda Gugatan). Setelah itu diakhiri  dengan perkenalan dari Pak Syukri yang didampingi isteri kepada suluruh hadirin. Berikutnya ucapan selamat yang didahului oleh Ketua Pengadilan Agama Tembilahan. (Tim Redaksi )

{jcomments on}