Gambar Drs. Ahd. Syarwani sekeluarga

 

 

www.pa-tbkarimun.go.id

Ada yang datang ada yang pergi, ada pertemuan ada pula perpisahan, begitulah kehidupan ini berjalan. Jum’at (28/09/2012) pukul 13.30 WIB. suasana di Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun  sudah kelihatan ramai,  beberapa pegawai terlihat mempersiapkan ruangan yang hendak  dipakai untuk acara pengantar tugas Drs. Ahd. Syarwani, mutasi sebagai  Hakim  pada Pengadilan Agama Tanjung Pinang yang telah dilatik  pada tanggal 01 Agustus 2012 yang lalu.

Acara pelepasan ini juga dikemas sekaligus dengan acara perkenalan dengan salah seorang pegawai baru, pindahan dari Pengadilan Agama Muara Enim Yulita Fifprawati, SH (istri dari Irfan Firdaus, S. HI/hakim Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun).

Bertempat di ruang sidang Utama PA Tanjung Balai Karimun, pukul 14.00 WIB, acara dilaksanakan secara sederhana dengan dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua beserta istri, para Hakim, Panitera/Sekretaris, Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural, dan seluruh Pegawai Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun, Pegawai kontrak serta ibu-ibu Dharmmayukti Karini Cabang PA Tanjung Balai Karimun.

Meski acara tersebut sederhana namun acara tetap berlangsung dengan penuh khidmat dan penuh suka cita, mata acara pertama kesan dan pesan oleh Drs. Ahd. Syarwani yang didampingi istri., beliau menyampaikan bahwa selama  lebih kurang 3 tahun  kebersamaan di PA Tanjung Balai Karimun dengan antusias mengungkapkan kebahagiaannya selama di Tanjung Balai Karimun. Suasana di ruang acara siang hari itu menjadi tampak haru saat beliau mengungkapkan rasa terimakasih dan terharunya beliau terhadap kepedulian seluruh warga PA Tanjung Balai Karimun.

Ungkapan rasa terimakasih dan permohonan maaf terucap saat memberikan kesan selama mengabdi di Pengadilan Agama Tanjung  Balai Karimun, karena di tempat inilah dia seakan menemui sebuah keluarga besar dengan atmosfir kebersamaan yang begitu terasa, sembari ditutup dengan beberapa pantun. 

Memasuki mata acara kedua, perkenalan   dari pegawai baru Yulita Fifprawati, SH  suasana pun menajadi berubah,  dari haru  menjadi   santai saat pegawai baru tampil ke depan  memperkenalkan dirinya, ada  saja yang nyeletuk “ pendampingnya juga ikut maju”  sontak saja ruangan menjadi ramai terdengar canda tawa membuat suasana semakin hidup.

Dengan  tertata rapi Yulita Fifprawati  merangkai  kalimat perkenalannya dan juga berharap sebagai orang baru di PA Tanjung Balai Karimun,  pindah karena mendamping suami tercinta Irfan Firdaus, S.HI,  tentunya dalam pekerjaan  perlu bimbingan dan arahan dari semua yang terkait,  pintanya diakhir perkenalan.  

Kata berjawab gayung bersambut, salah seorang Hakim Aridlin, SH mewakili keluarga besar Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun di daulat menyampaikan pesan dan kesan, suasanapun semakin hidup, dengan gaya bahasa yang khas, lawak, menghibur,  menyampaikan pesan dan kesan  yang diselingi dengan canda tawa  ringan, semakin menambah terjalinnya suasana ukhuwah Islamiyah, kebersamaan dan  kekeluargaan.

Diungkapkan pula oleh Aridlin yang secara  pribadi  banyak kenangan yang beliau alami  bersama dengan Drs. Ahd. Syarwani selama  menjalankan tugas di Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun  sesama seangkatan sedikit bernostalgia dengan masa lalunya saat dulu bersama, kemana-mana naik angkot, jalan kaki bersama, saat itu masing-masing istri   belum mendampingi, dengan kocak pula menceritakan perjalanan masa lalunya itu.

Akhirnya satu persatu  mulai dari atas nama Hakim sampai Pegawai Kontrak hingga ibu-ibu Darmayukti Karini, Ardlin  menyampaikan permohonan maaf, “Walaupun sudah pindah tugas namun silaturrahmi haruslah tetap berjalan” ungkap Aridlin diakhir kesan dan pesannya, dan  ditutup pula dengan beberapa  bait pantun andalannya.

 

Kata pengantar tugas dan ucapan selamat datang  oleh Ketua Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun, Drs. H. Usman, SH., MH dalam  penyampaiannya mengungkapkan bahwa  mutasi  Saudara Drs. Ahd. Syarwani  ini merupakan promosi dari Pengadilan Agama Tanjung  Balai Karimun  kelas II, pindah ke Pengadilan Agama Tanjung Pinang Kelas I B  yang nantinya semoga kariernya semakin meningkat terus. 

KPA Tanjung  Balai Karimun juga  mengungkapkan, bahwa  Saudara Drs. Ahd Syarwani selama ini selaku Humas Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun, sudah banyak membantunya baik dalam memberikan saran atau masukan serta pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan. Namun tidak dapat dihindari perpisahan ini harus terjadi menurut beliau.

 

KPA Tanjung Balai Karimun  juga meminta maaf yang sebesar-besarnya atas nama seluruh pegawai Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Pada Akhir KPA memberikan ucapan selamat bertugas di tempat yang baru.

Selanjutka kepada pegawai baru Saudari Yulita Fifprawati, SH. KPA Tanjung  Balai Karimun mengucapkan selamat bergabung dan selamat bertugas di PA Tanjung Balai Karimun sebagai  pendamping suami,  semoga dengan bertambahnya jumlah pegawai ini hendaknya beban pekerjaan di Pengadilan Agama Tanjung  Balai Karimun akan lebih terbantu. Ungkap KPA diakhir penyampaiannya yang diikuti dengan  untaian kata-kata yang senada pantun.

Acara kemudian berlanjut pada pemberian Cindera Mata/Kenang-kenangan, kemudian do’a yang  di imami oleh salah seorang Hakim Nuzul Lubis, S. HI., MA.,., ….. “Allahummaj’al jam’ana jam’an marhuuma, watafarruqana tafarruqam ma’shuuma....

Salam-salaman mengakhiri acara perpisahan ini, suasana haru dan hening  amat jelas terlihat, seolah-seolah terasa berat akan perpisahan ini, mungkin terkenang akan kenangan selama bergaul bersama di Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun. Selamat Jalan Pak Drs. Ahd. Syarwani, Terima kasih atas kerjasama dan pengabdiannnya selama  ini, semoga semakin sukses ditempat yang baru,.

Mengkahiri tulisan ini, tim redaksi persembahkan kata mutiara Khalil Jibran “Ketika tiba saat perpisahan janganlah kalian berduka, sebab apa yang paling kalian kasihi darinya mungkin akan nampak lebih nyata dari kejauhan – seperti gunung yang nampak lebih agung terlihat dari padang dan dataran”  ..(*******tim redaksi)

{jcomments on}