Dari kiri :  Letkol Inf. RTS. Manopo (Dandim 0314 Inhil), AKBP. Dedi Rahman Dayan, SIK., M.Si. (Kapolres Inhil), Djoni Witanto, SH. (KPN. Tembilahan), Drs. Moh Nur, MH. (KPA Tembilahan).

Tembilahan | pa-tembilahan.go.id

Hari senin tanggal 1 Oktober 2012 M. bertepatan dengan tanggal 15 Zulqa’dah 1433 H. yang bertempat di halaman Kantor Bupati Indragiri Hilir dilaksanakan upacara memperingati hari Kesaktian Pancasiala, sebagai pembinan upacara adalah Sekretaris Daerah Kab. Indragiri Hilir H. Alimudin, SH., MH. bertindak sebagai komandan upacara adalah salah satu Anggota Kodim 0314 Indragiri Hilir.

Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD (H. Muslimin, S.Sos), Dandim (Letkol Inf. RTS. Manopo), Kapolres (AKBP. Dedi Rahman Dayan, SIK., M.Si), Ketua Pengadilan Negeri (Djonoi Witanto, SH), Ketua Pengadilan Agama Tembilahan (Drs. Moh Nur, MH), para asisten dan staf ahli, kepala dinas dan instansi vartikal, TNI dan Polri, para pegawai Negeri Sipil serta undangan lainnya.

Rangkaian acara dimulai dengan penghormatan umum kepada Inspektur upacara, Laporan komandan upacara, Mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara, Pembacaan teks Pancasila,  Pembacaan teks Pembukaan Undang-Undang dasar 1945, Pembacaan Naskah Ikrar oleh Wakil ketua DPRD, Pembacaan Do’a oleh staf Kemenag, Andhik  Bayangkari, Laporan Komandan Uapacara (upacara selesai), dan terakhir penghormatan umum kepada Inspektur upacara.

Wakil Ketua DPRD Inhil (H. Muslimin, S.Sos). Sedang membacakan Naskah Ikrar

Untuk Naskah Ikrarnya sebagai berikut :

IKRAR

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah  banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara;

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Tim Redaksi).

{jcomments on}