Gambar Majelis A, dari kiri berurutan; Mukti Ali, S. Ag., MH (Panitera Sidang), Aridlin, SH (Hakim Anggota), Drs. H. Usman, SH., MH (Ketua Majelis/Ketua PA. Tanjung Balai Karimun) dan Irfan Firdaus, S. HI (Anggota Majelis).

www.pa-Tbkarimun. go.id

Kamis (27/09/2012) untuk yang keempat kalinya di tahun 2012 Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun   menggelar  sidang keliling di Kecamatan  Moro yang dilasanakan di Balai Sri Baiduri.

Jumlah perkara yang ditangani, sebanyak 5 (lima) perkara dengan rincian; cerai talak 2 perkara, cerai gugat 3 perkara. Kelima perkara tersebut merupakan  perkara tundaan 1 perkara, selebihnya adalah perkara baru (gaib 2 perkara).

Yang bertindak langsung sebagai Ketua Majelis  adalah Ketua Pengadilan Agama Tanjung  Balai Karimun Drs. H. Usman, SH., MH  dibantu  oleh dua orang Hakim Anggota (Aridlin, SH dan Irfan Firdaus, S. HI)  dengan Panitera Sidang Mukti Ali, S. Ag., MH.

Rombongan Majelis Hakim berangkat dari pelabuhan KPK (Kerukunan  Pemuda Karimun) pukul 09.00 WIB., Hari itu cuaca sangat bersahabat, lautan sangat tenang yang biasanya ombak menggulung,  sepanjang perjalanan  yang terlihat pemandangan pulau-pulau yang indah, air yang membiru,  hingga akhirnya  rombongan  sampai di lokasi sidang  pukul 10:45. dan tanpa menyia-nyiakan waktu rombongan Majelis  langsung menggelar sidang  di Balai Kecamatan yang sudah  dipersiapkan oleh petugas  dari pihak  Kecamatan Moro.

Gambar saat dalam speed  boat menuju Moro

Hari itu persidangan berjalan dengan lancar, para pihak  dengan sabar menunggu giliran sidang, sebelum ashar persidangan usai dilaksanakan,  dari jumlah perkara yang disidangan, Majelis menjatuhkan  putusan; 3 (tiga) perkara putus kabul, 2 (dua) perkara ditunda karena  upaya damai melalui mediasi   dengan hakim mediator  salah seorang Anggota Majelis (Aridlin, SH)  dan perkara tersebut akan diperiksa kembali pada hari  Kamis (04/10/2012).

Mengingat Kecamatan moro, medan tersulit  untuk sidkel Pengadilan Agama  Tanjung  Balai Karimun,  dan transportasi laut sangat bergantung  kepada jam keberangkatan kapal,  akhirnya rombongan  Majelis hari itu terpaksa menginap di Kecamatan Moro.

Terasa berbeda pada sidkel kali ini, dimana pada  malam harinya  rombongan Majelis dijamu makan oleh Camat dan KA. KUA. Kecamatan Moro. Suasana penuh keakraban, kekeluargaan  terasa sekali dalam jamuan itu, sempat pula pada malam itu KPA Tanjung  Balai Karimun Drs. H. Usman, SH., MH., menyampaikan bahwa untuk tahun 2013  akan ada kerja sama  antara Pemkab. Karimun dengan PA Tanjung  Balai Karimun  dalam pelaksanaan itsbat nikah massal,  membantu masyarakat pencari keadilan  yang menurut rencanya akan di gelar di Kecamatan Moro, setelah di tahun 2012 ini dilaksanakan di Kecamatan Kundur.

Camat Moro Eko Riswanto, S.Stp. MP dalam jamuan itu juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas terselenggaranya sidang keliling Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun di wilayahnya serta menyambutnya dengan penuh antusias, lebih-lebih untuk sidkel itsbat nikah tersebut.

Menurutnya, bagaimana pun masyarakat Moro  menjadi terbantu dan tidak berpayah-payah harus mendatangi sidang ke Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun  yang berjarak relatif jauh tersebut. Ke depan, Camat Moro, Kabupaten Karimun tetap berharap agar pelaksanaan sidang keliling tersebut tetap diselenggarakan di wilayahnya. Harapan tersebut juga di amini oleh KA. KUA Kecamatan moro Drs. Suhaimi.

Keesokan harinya (Jum’at/28/09/2012) pukul 08.30 WIB rombongan Majelis   pun  meninggalkan Moro,  kembali ke  Kabupaten Karimun… sampai ketemu kembali di Sidkel  Kecamatan Moro berikutnya…. (tim redaksi).

{jcomments on}