Pemerintah Kota Tanjungpinang kembali mengadakan kegiatan “Tanjungpinang Dragon Boat Race”. Kegiatan tahun 2012 ini adalah untuk yang ke 11. Event ini merupakan salah satu dari 100 event wisata nasional yang diandalkan. Dalam event ini tidak hanya Perahu Naga saja yang dilombakan akan tetapi masih ada perlombaan-perlombaan lain seperti juga Kayak/Kano, Renang Tanjungpinang – Pulau Penyengat. Selain itu juga disemarakkan dengan kegiatan bazaar kuliner khas Melayu dan segala macam hasil kerajinan tempatan. Kegiatan ini telah dibuka pada hari Kamis tanggal 4 Oktober 2012 oleh Gubernur Kepulauan Riau yang diwakili oleh asisten I. Lomba akan berlangsung sampai dengan tanggal 7 Oktober 2012.

Ketua PA Tanjungpinang, Drs. Nur Mujib, MH., dalam acara Pembukaan Tanjungpinang Dragon Boat Race, Kamis 4 Oktober 2012.

Bila dilihat dari asal peserta lomba, maka Tanjungpinang Dragon Boat Race adalah event yang berskala Internasional, karena disamping diikuti oleh tim-tim dayung dari Indonesia, juga diikuti oleh tim-tim dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam. Untuk event tahun ini peserta dari luar negeri adalah dari negeri jiran, Malaysia.

Penyelenggaraan event Tanjungpinang Dragon Boat Race bertujuan antara lain untuk sebagai sarana promosi kepariwisataan dan menjadi obyek dan daya tarik yang khas bagi wisatawan, baik manca negara maupun domestik. Disamping itu juga sebagai sarana pembinaan dan peningkatan prestasi atlit dayung bertaraf Internasional. Tidak kalah pentingnya, acara ini juga sebagai sarana memperkokoh hubungan sesama masyarakat kota Tanjungpinang khususnya, dengan masyarakat Indonesia umumnya serta masyarakat negara-negara sahabat.

Suasana Pelataran Dragon Boat Race Tanjungpinang sebagai tempat dilaksanakan Tanjungpinang Dragon Boat Race 2012.

Untuk tahun 2011, Tim peraih Juara I pada acara Tanjungpinang Dragon Boat Race yang ke 10, adalah Tim dari Persatuan Olahraga Dayung seluruh Indonesia (PODSI) Jambi. Untuk juara pertama tahun ini akan memperoleh hadiah sebesar Rp.40.000.000,- (Empat puluh juta rupiah). Selain juara I yang akan memperoleh Piala Bergilir Gubernur Kepulauan Riau, Piala tetap, piagam dan uang pembinaan, juga juara yang lain sampai juara IV, akan memperoleh Piala tetap, piagam dan uang pembinaan.

Walikota Tanjungpinang, Dra. Hj. Suryatati A. Manan, dalam sambutannya antara lain mengharapkan acara ini disamping sebagai ajang untuk meningkatkan jumalh pengunjung/wisatawan ke Kota Tanjungpinang juga diharapkan agar dapat menunjang prestasi olah raga dayung di tingkat nasional maupun internasional. Disamping itu juga untuk dapat digunakan sebagai ajang silaturrahim diantara warga altit dayung secara khusus dan umumnya bagi kita semua.

{jcomments on}