KPA. BENGKALIS NARASUMBER PENYULUHAN HUKUM TERPADU DI KECAMATAN BANTAN KAB. BENGKALIS

Gambar : KPA. Bengkalis, Drs. Faizal Kamil, SH.,MH(No.2 dari kanan) narasumber  Penyuluhan Hukum di Kecamatan Bantan

Bengkalis||pa-bengkalis.go.id

Bertempat diaula Kantor Camat Bantan, Kabupaten Bengkalis, acara Penyuluhan Hukum Terpadu dilanjutkan oleh Bagian Hukum Kantor Bupati Bengkalis. Peserta berjumlah 100 orang, terdiri dari tokoh adat, PNS, aparat Kecamatan Bantan dan masyarakat sekitarnya. Diawali  oleh KPA. Bengkalis dalam menyampaikan materi yang dialokasikan waktunya lebih kurang 20 menit, lebih banyak dilakukan untuk memaksimalkan waktu berdialog dan tanya jawab.

Masyarakat Bantan yang berjarak sekitar 12 km dari kota Bengkalis adalah kecamatan yang relegius dan agamis, karena nenek moyang masyarakat Bantan konon khabarnya berasal dari Banten (Provinsi Banten), yang turun temurun sekarang telah memadati populasi di Desa Bantan Tengah, Bantan Air dan Bantan Tua.Menurut data statistik angka perceraian di Kecamatan Bantan cukup tinggi, olehnya penyuluhan hukum ini dirasaka banyak manfaat bagi peserta untuk  dapat memahami sosialisasi mengenai Kompilasi hukum Islam dari KPA. Bengkalis.

Gambar 2 :  (KPA. Bengkalis), Drs. Faizal Kamil, SH.,MH saat memberikan materi kepada peserta Penyuluhan Hukum Terpadu

Seperti  penyuluhan sebelumnya di Desa Rupat, Rupat Utara, Siak Kecil, KPA. Bengkalis banyak sekali dihujani pertanyaan soal Buku I Kompilasi Hukum Islam tentang Perkawinan, mulai Poligami, Itsbat Nikah, perceraian dan penyelesaian Harta Bersama. Dan dengan bahasa  daerah melayu KPA. Bengkalis menjawab dengan gaya cerita/pencorah, sering mengundang gelak tawa sepertiacap kali di dalam penyampaian materi menggunakan beberapa istilah, antara lain:PEMILU (Perkawinan Hamil Dulu), PERUMNAS (Perumahan Belum Lunas) untuk membahas soal perkawinan dan harta bersama sehingga suasana penyuluhanhukum tersebut dapat cair serta komunakatif, tidak ada yang mengantuk.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB diakhiri pukul 12.30 WIB, dengan sholat dan makan bersama. Tepat pukul 15.00 WIB, KPA. Bengkalis tiba dikantor, lama perjalanan terhambat dikarenakan medan jalanan banyak yang rusak berat. (Tim Redaksi)

{jcomments on}