Seperti tahun lalu, pada perayaan Idul Adha 1433 kali ini, Pengadilan Agama Rengat kembali mengadakan penyembelihan hewan Qurban sebagai implementasi dan pembuktian rasa syukur kepada Allah Swt atas nikmat dan karunia-Nya yang tak terhingga. 

Untuk tahun ini, Pengadilan Agama Rengat menyembelih 2 ekor sapi yang berukuran cukup besar. Dengan demikian, jumlah hewan qurban kali ini lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 1 ekor. Kedua ekor sapi ini merupakan qurban dari beberapa hakim dan pegawai PA Rengat yang melakukan arisan qurban sejak bulan Muharram tahun lalu. Bahkan, 2 orang pegawai yang telah pindah ke Pengadilan Agama lain pun masih tetap ikut berqurban bersama di PA Rengat, yaitu Dra. Arnetis (Hakim PA Pangkalan Kerinci) dan Drs. Bulgani (Pansek PA Tembilahan).

Proses Penumbangan Hewan Qurban

Proses penyembelihan dilaksanakan pada hari Sabtu, yaitu hari tasyriq yang pertama, dan dimulai sejak pukul 6 pagi waktu Rengat. Ketua PA Rengat dan Wakil Ketua PA Rengat turut langsung dalam acara penyembelihan yang dilaksanakan di lingkungan kantor Pengadilan Agama Rengat tersebut.

Ketua PA ikut memotong daging qurban

Ketua PA Rengat mengungkapkan bahwa terlaksananya penyembelihan qurban ini menunjukkan bahwa tingkat kesadaran religi pada pegawai PA Rengat cukup tinggi.

Proses Pemilahan daging

"Kita berharap, untuk tahun-tahun selanjutnya, penyembelihan qurban seperti ini tetap harus dilanjutkan, meski unsur pimpinan terus berganti". Ujar Ketua PA Rengat.

Dalam kesempatan tersebut, ketua Panitia Qurban PA Rengat tahun 1433 H, H. Mustaming S.Sos mengatakan bahwa pihaknya akan membagi-bagikan daging qurban tersebut kepada seluruh pegawai dan honorer PA Rengat, serta masyarakat sekitar yang lokasi rumah mereka berdekatan dengan kantor PA. 

"Hal ini merupakan hasil musyarawah peserta Qurban. Dan kita akan membagikan ratusan kupon daging". Ujar pak haji yang juga merupakan Wakil Sekretaris ini. (Arman)

{jcomments on}