Sehubungan dengan datangnya hari raya Iedul Adha 1433 Hijriyah yang jatuh pada hari Jum’at tanggal 10 Dzulhijah 1433 H bertepatan dengan tanggal 26 Oktober 21012 Masehi, disunnatkan bagi orang yang mampu untuk melaksanakan qurban. Utamanya untuk seorang adalah seekor kambing atau domba atau biri-biri dan sejenisnya dan untuk seekor sapi atau kerbau bisa digunakan untuk 7 orang.

Bersempena dengan Iedul Adha tahun ini, keluarga besar PA Tanjungpinang dapat mengumpulkan 7 orang anggotanya untuk berkurban sehingga dapat berkurban dengan seekor sapi. Seekor sapi tersebut kemudian disembelih setelah melakukan shalat Iedul Adha menjelang shalat Jum’at. Seluruh pegawai dan keluarga beserta anak-anak tumpah ruah menyaksikan pemotongan hewan qurban tersebut.

Ketua PA Tanjungpinang, Drs. Nur Mujib, MH., bersama para ppegawai sedang berpose memotong hewan qurban

Dalam acara pemotongan hewan qurban tersebut sebagian dagingnya dimasak rame-rame untuk makan siang bersama seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Tanjungpinang. Kemudian dagingnya dibagikan kepada seluruh pegawai PA Tanjungpinang, para pensiunan dan mantan pegawai PA Tanjungpinang.

Diantara pensiunan yang hadir adalah Hj. Murni, BA. dan Chabatah serta Hj. Zaenab, isteri mantan Wakil Ketua PA Tanjungpinang, H. Baizuri Husein. Sedang mantan pegawai PA Tanjungpinnang yang sempat hadir adalah, Drs. Nazaruddin, MHI., Wakil Ketua PA Ujung Tanjung dan Drs. Suyadi, MHI., Hakim pada Pengadilan Agama Pacitan.

Acara penyembelihan hewan qurban di Pengadilan Agama Tanjungpinang diakhiri dengan makan bersama setelah shalat Jum’at yang diikuti oleh seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Tanjungpinang dan masyarakat sekitar.

{jcomments on}