Tampak dua ekor sapi yang sehat  dan pasrah  serta sudah siap untuk dipotong

www.pa-tembilahan. Go.id

Hari  Sabtu tanggal 27 Oktober 2012 M. bersamaan dengan tanggal 11 Zulhijjah 1433 H. bertempat di sekitar  Kantor Pengadilan Agama Tembilahan telah dilaksanakan pemotongan dua ekor hewan Qurban pada Idul Adha 1433 H. Adapun Panitia yang telah terbentuk bebarapa waktu yang  yang diketuai oleh H.Nawir, S.Ag. ( Kaur Keuangan ), Jabar Nur, S.Ag. sebagai Sekretaris ( Jurusita ) dan Virdatunnisa, sebagai Bendahara  serta beberapa anggota lainnya.

Dari kiri Drs.Moh Nur, MH. ( KPA) dan Drs. Abd. Hamid ( mantan Pansek PA.Tbh ) sedang memotong hewan qurban

Sebagai eksekotor  sapi pertama adalah Drs. Moh Nur ( Ketua Pengadilan Agama Tembilahan) sedangan untuk sapi kedua  eksekotornya adalah Drs. Abd. Hamid ( mantan Pansek PA. Tembilahan  yang saat ini menjabat sebagai pansek PA. Rengat). sekaligus sebagai peserta Qurban.

Usai dilaksankan pemotongan hewan Qurban, panitia yang telah dibentuk dengan dibantu oleh  pegawai lainnya secara bersama  ( gotong royong )  membersihkan  sapi- sapi  tersebut  dari kotoran serta mengambil daging-dagingnya untuk dibagikan kepada  pagawai honorer, kerabat dan tetangga dekat  serta pensiunan PA.

Para pegawai secara gotong royong untuk membersihakan sapi-sapi tersebut.

Disela-sela  kesibukan tersebut Tim Redaksi  sempat mewancarai Ketua Pengadilan Agama Tembilahan yang pada intinya beliau menyampaikan. Pertama, ucapan terima kasih kepada para panitia dan pegawai lainnya yang telah bekerja sama dalam mensukseskan pelaksanaan ibadah Qurban ini. Kedua,   pelaksanakan ibadah Qurban hari ini adalah sebagai wujud keshalehan social dan kekompakan  warga PA.  Tembilahan  dan sebagai realisasi pernyataan syukur kepada Allah Swt. Yang telah memberikan ni’mat yang tiada terhingga  kepada kita semua.

Kemudian Ketua juga menyampaikan bahwa  realisasi syukur  itu ada tiga macam:  Pertama;  Syukur Bil-lisan, artinya begitu mendapat ni’mat  diucapkan  Alhamdulillah.,    Kedua;  Syukur  Bil jawarih  artinya ketika mendapat ni’mat dari Allah disamping mengucapkan Alhamdulillah juga dilaksanakan dengan anggota badan seperti shalat dan lainnya. Dan ketiga;  Syukur Bil Mal, artinya ketikan mendapat ni’mat dari Allah, disamping  melaksnakan yang dua poin di atas, juga yang tidak kalah pentingnya adalah melalui harta, yaitu  dengan melaksanakan zakat dan shadakah. 

Hari ini kata Ketua,   kita laksanakan wujud syukur yang ketiga yaitu melalui harta, Allah telah memberikan rezki yang tiada terhingga  dan sungguh banyak nikmat Allah  yang telah kita terima ( berupa harta ), maka sebagai wujud  terima kasih kepada Allah Swt. ,  kita warga Pengadilan Agama Tembilahan  melaksanakan   pemotongan hewan Qurban  untuk berbagi kepada sesama, mudah dengan nawaitu yang ikhlas kita semua, Allah  Swt. terima ibadah qurban kita dan kedepan  kita yakin bahwa Allah pasti akan melipatgandakan  rezki itu, insya Allah.

Setelah selesai pembagian daging qurban, dilanjutkan dengan makan siang bersama. Semoga melalui kebersamaan ini, keberkahan dari Allah akan selalu diberikan kepada kita semua.   Amin. ( Tim Redaksi ). 

{jcomments on}