Bupati ( Dr.H. Indra Mukhlis Adenan) yang didamping unsur muspida sedang memukul beduk sebagai pertanda MTQ.ke 42 dibuka secara resmi

Jum’at tanggal 02  Nopember 2012 M. bersamaan dengan tanggal  17 Zulkhijjah 1433 H. bertempat si lapangan sepak bola Desa Lahang, Kec. Gaung. Dilaksan acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an yang ke 42 tingkat Kabupaten Indragiri Hilir tahun 2012. Dengan Tema “ Membumikan Al-Qur’an untuk menuju Inhil  yang Berjaya, Gemilang dan Terbilang 2025”.  Pada pukul 21.50. Wib. Bupati Indragiri Hilir Dr.H. Indra Mukhlis Adenan , SH.,MH.,MM.  secara resmi membuka acara tersebut.

Dari kiri : Kejari, Kasdim, Ketua DPRD.,Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan KPA.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Indragiri Hilir ( H.Rosman Malomo), Ketua DPRD ( H. Raus Walid, S.Sos ), Kapolres Indragiri Hilir ( AKBP.Dedi Rahman Dayan, M.Si.), Ketua Pengadilan Agama  ( Drs. Moh Nur, MH ), Kejari ( Firziansah, SH ). Dandim yang diwakili oleh Idiyatno,  Sekretaris Daerah ( H.Alimudin, SH ). , Kepada Dinas Intansi  di Wilayah Kab. Inhil, Ketua MUI ( Drs. H. Taib Ali ), para dewan Hakim, peserta MTQ. dari 20 Kec. Se-Kab. Inhil ,serta hadirin dan  undangan lainnya yang ikut memeriahkan acar tersebut.

Acara yang diawali dengan lantunan ayat-ayat suci Al-qur’an oleh Muzdalipah ( Qari’ah terbaik III Internasional di kuala Lumpur dan dewan Hakim tk. Propinsi Riau). Berikutnya pembacaan Do’ah oleh Ketua Mejelis Ulama Kab. Inhil ( Drs. H. Taib Ali ),  dilanjutkan dengan depile Kapilah. Kemudian  pelantikan dewan hakim. Laporan ketua panitia MTQ. Ke 42 oleh Drs. H. Mukhtar T. MH. ( Kades Despora ), dan sambutan ketua LPTQ Kab. Inhil oleh H. Samsurizal Awi. Setelah itu sambutan Bupati Indragiri Hilir yang dilanjuntkan dengan pemukulan beduk sebagai tanda MTQ.ke 42 Kab.Inhil telah dibuka secara resmi.

Ketua panitia pelaksana dalam laporannya menyebutkan  bahwa pelaksanaan MTQ. tingkat Kabupaten Inhil ke 42 ini merupakan wahana silaturahim dan  ukhuwah islamiyah sekaligus sebagai salah satu upaya untuk lebih menggairahkan kecintaan terhadap al-quran. Selanjutnya juga disampaikan bahwa MTQ.  ini diikuti oleh utusan dari 20 Kecamatan yang ada di kabupaten inhil dengan memperlombakan delapan  cabang  yaitu : 1. Tilawatil Qur’an, 2. Syarhil Qur’an, 3.Fahmil Qur’an, 4. Qiraat Al-Qur’ah, 5. Khattil Qur’an, 6. Hifziul qur’an, 7. Tafsir Al-qur’an ,  8.  M2IQ.( Musabaqah menulis Ilmiah Al-Qur’ah ).  Perlombaan ini tentunya guna menjaring bibit sdm qori dan qoriah asal dari kecamatan di kabupaten inhil.

Sementara itu Ketua LPTQ Kabupaten Inhil, Syamsurizal Awi menyampaikan bahwa , fenomena perlombaan MTQ. di riau belakangan ini cenderung hanya mengejar peringkat prestasi sehingga banyak menggunakan peserta yang berasal dari luar provinsi riau. Hal tersebut tentunya dapat melemahkan semangat peserta tempatan yang berasal dari daerah kita sendiri.

Bupati Indragiri Hilir dalam sambutannya menyampaikan bahwa  MTQ ke 42 ini dilaksanakan untuk mencari qari dan qariah terbaik untuk mewakili Inhil ke tingkat provinsi, dan inhil selama ini memang tidak pernah menggunakan qari-qariah dari luar provinsi melainkan  qari-qariah dari daerah asal inhil yang  berpotensi  dan berprestasi.  Karena itu MTQ. Ini merupakan kesempatan emas bagi qari dan qari’ah untuk menampilkan bakat dan potensi terbaiknya dibidang seni baca Al-Qur’an.

Disamping itu beliau juga  berpesan kepada seluruh peserta dan hadirin bahwa  MTQ ini tentunya tidak hanya sebatas perlombaan saja, tapi yang lebih penting  dari itu  bagaimana Al-Qur’an,  disamping dibaca, dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari agar  kita memeproleh kesalamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. “ Selamat Bermusabaqah, semoga Allah Swt. Selalu melindungi kita semua, amin”.  ( Tim Redaksi ).

{jcomments on}