SEBAGAI WUJUD BAKTI SOSIAL DALAM RANGKA PERINGATAN 13 TAHUN PA NATUNA

Natuna I www.pa-natuna.net(06/12)

Kebijakan negara terhadap arah pembangunan semakin menegaskan pentingnya akses ke pengadilan bagi masyarakat miskin dan termarginalkan, disamping negara juga semakin mengukuhkan pentingnya bantuan Hukum sebagai strategI pencapaian akses terhadap pengadilan tersebut.

Salah satu terobosan untuk mewujudkan arah pembangunan tersebut, maka Pengadilan Agama Natuna kembali menggelar kegiatan Itsbat Nikah Massal ke IV di gedung serba guna Kantor Camat Bunguran Timur Laut selasa (06/12) dengan menyidangkan sembilan perkara Itsbat  Nikah sebagai wujud bhakti sosial dalam rangka peringatan milad 13 tahun Pengadilan Agama Natuna, acara pembukaanya di resmikan oleh Bupati Natuna yang diwakili Sekda Natuna, SYAMSURIZON, SH dihadiri Unsur FKPD dan SKPD, Kepala Bagian, Kepala Dinas dilingkungan Pemda Natuna, Camat Bunguran Timur Laur dan kades Se-kecamatan Bunguran Timur laut serta segenap undangan lainnya.

Ketua PA Natuna, Drs. H. M. ZAKARIA, MH dalam sambutannya yang sempat diliput RRI Ranai melalui wawancara khusus menyampaikan bahwa betapa pentingnya bukti pernikahan dalam rangka menciptakan kesejahteraan dalam kehidupan rumah tangga, karena dengan bukti surat nikah tersebut maka status pernikahan menjadi lebih berarti sehingga tertutup celah-celah timbulnya kerugian khususnya kaum perempuan dan anak-anak dikemudian hari, seperti pengurusan Akta kelahiran anak dan surat kepemilikan  tanah dan sebagainya, dengan harapan semoga misi kemanusiaan ini difahami sebagai suatu kepedulian sosial dalam fenomena kehidupan ditengah-tengah masyarakat. 

Lebih lanjut Ketua Panitia menyampaikan bahwa berdasarkan data diterima dari KPA Natuna, Drs. H. M. ZAKARIA, MH bahwa kegiatan Itsbat Nikah Massal ini merupakan kali yang ke IV, setelah  Itsbat Nikah Massal I, II dan III berlangsung di Sedanau 2010  dan di Batubi 2011 dan April 2012 di Kecamatan Bunguran Tengah,  dengan menyidangkan masing-masing  40, 23 dan 16 perkara, sehingga kalau dikalkuklasi sementara, maka jumlah perkara Itsbat nikah yang telah diselesaikan sejak masa tugas KPA Natuna, Drs. H. M. ZAKARIA, MH  sejak awal bertugas 22 Juli  2009  s.d. awal Nopember 2012  tercatat sekitar 359 perkara.

Di akhir sambutannya KPA meyampaikan ucapan terima kasih kepada Pihak Pemerintah Daerah serta pihak Kecamatan Bunguran Timur Laut atas dukungannya sehingga dapat terlaksana acara ini dengan sukses dengan semoga  kegiatan semacam ini diharapkan untuk berlanjut terus sampai suksesnya penertiban surat nikah bagi masyarakat di Kabupaten Natuna. 

{jcomments on}