Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI dengan suratnya Nomor : 2077/DJA.2/KP.04.1/X/2012 tanggal 25 Oktober 2012 telah memanggil 35 orang pimpinan Pengadilan Agama dari seluruh PA yang ada di Indonesia yang terdiri dari Ketua PA Kelas 1 A, Wakil Ketua PA Kelas 1 A dan Ketua PA Kelas 1 B. Ke 35 orang pimpinan Pengadilan tersebut dipanggil untuk mengikuti fit and proper test untuk jabatan pimpinan Pengadilan Agama Kelas 1 A di ibukota propinsi.

Ketua PA Tanjungpinang, Drs.Nur Mujib,MH., bersama peserta yang lain sedang mengikuti acara pembukaan Fit And Proper Test di Hotel Alila Jakarta, Selasa, 6 Nopember 2012

Pelaksanaan fit and proper test itu sendiri akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 5 sd hari rabu tanggal 7 Nopember 2012 bertempat di hotel Alila, Jl. Pacenongan Kav. 7-17 Jakarta Pusat. Untuk wilayah Pengadilan Tingggi Agama Pekanbaru, Ketua Pengadilan Agama Tanjungpinang, Drs. Nur Mujib, MH., termasuk yang dipanggil untuk mengikuti fit and proper test tersebut.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial Dr. H. Ahmad Kamil, SH., M.Hum. Ia didampingi Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama Drs. H. Purwosusilo, SH., MH.

Dr. H. Ahmad Kamil mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan syarat penjenjangan karir bagi para hakim yang bersangkutan. “Tidak bisa disamakan antara hakim yang sudah pernah mengikuti kegiatan ini dan yang belum,” tuturnya.

Melihat beberapa peserta yang sudah senior dari segi pangkat, Dr. H. Ahmad Kamil sempat bercanda bahwa mereka seharusnya diangkat menjadi pimpinan PA kelas IA atau hakim tinggi tanpa harus melalui fit and proper test. “Saya lihat ada peserta yang sudah berjenggot, tapi masih dites. Saya perhatikan sebagian wajah sudah terlihat pucat," guraunya, diikuti tawa para peserta.

Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial Dr. H. Ahmad Kamil, SH., M.Hum., sedang membuka acara Fit And Proper Test.

Dr. H. Ahmad Kamil menyampaikan bahwa tidak tertutup kemungkinan, hasil nilai fit and proper test bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk diangkat menjadi hakim tinggi.

Ketua PA Tanjungpinang Drs. Nur Mujib, MH., sedang berhadapan dengan penguji Administrasi Peradilan, Drs.H. Purwosusilo, SH., MH.

Ada tujuh materi yang diujikan dalam fit and proper test. Tiap materi diuji oleh satu penguji. Penguji pertama adalah Ketua Muda Uldilag Dr. H. Andi Syamsu Alam, SH.MH. yang menguji masalah kepribadian yang meliputi visi, misi dan wawasan. Penguji kedua adalah Ketua Muda Pengawasan Timur P Manurung, SH. yang menguji masalah Pedoman Perilaku Hakim. Penguji ketiga adalah Ketua Muda Pembinaan Widyatno S. Harjono yang menguji pada masalah Manajemen Kepemimpinan.

Penguji keempat Hakim Agung Prof. Dr. H. Abdul Manan, SH. S.IP., M. Hum., yang menguji masalah Kemampuan Teknis Hukum. Penguji kelima Hakim Agung Dr. H. Habiburrahman, M. Hum., yang menguji materi Administrasi Peradilan, karena berhalangan kemudian digantikan oleh Direktur Tenaga Teknis Badan Peradilan Agama Drs. H. Purwosusilo, SH. MH.

Ketua PA Tanjungpinang, Drs.Nur Mujib,MH., sedang menghadap penguji membaca kitab (Bahtsul Kitab), Dr. H. Muchtar Zamzami, SH., MH.

Penguji keenam adalah Hakim Agung Dr. H. Muchtar Zamzami, SH., MH. yang menguji membaca kitab (bahasa arab). Sedangkan penguji ketujuh adalah mantan Dirjen Badilag Drs. Wahyu Widiana, MA., yang menguji materi Teknologi Informasi.

Semoga dengan Fit And Proper Test ini akan dihasilkan calon pimpinan pengadilan yang diharapkan mampu untuk menduduki jabatan Ketua Pengadilan Agama Kelas 1.A di ibukota propinsi, seperti yang diharapkan.

{jcomments on}