KPA.BENGKALIS NARASUMBER PENYULUHAN HUKUM TERPADU DI KEC.MANDAU & PINGGIR KAB. BENGKALIS

Gambar: KPA. Bengkalis, Drs. Faizal Kamil SH.,MH(tengah)  sedang memberikan sambutan Penyuluhan Hukum

Bengkalis||pa-bengkalis.go.id

Putusan terakhir penyuluhan hukum terpadu, kerja sama bagian hukum Pemkab. Bengkalis dengan PA, PN, KEJARI dan POLRES dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis tanggal 7 dan 8 November 2012 berlokasi di Kecamatan Mandau dan Pinggir,mendengar Kecamatan Mandau banyak diberitakan melalui mediamassabaik cetak maupun elektronik yang menginginkan pemekaran wilayahnya untuk menjadi Kabupaten sendiri serta menghendaki pisah dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis, yang konon masuk PAD(Pendapatan Asli Daerah)berasal dari minyak, dahulu dikenal perusahaan asing yang joint dengan perusahaan minyak ditanah air bernama CALTEK, dan kini disebut CHEVRON.

Daerah tersulit dan paling jauh kali ini, KPA. Bengkalis di minta Bagian Hukum PEMKAB. Bengkalis, disebabkan faktor tersebut diatas warga masyarakatnya yang kritis, multi etnis atau heterogen, ada Sumbar, Sumut, Jawa, Sulsel, dls. Bahkan banyak warga asing yang berasal dari Amerka dan Eropa, dari Bengkalis menuju Mandau ditempuh dengan transportasi darat sejauh ± 260 KMatau 5 jam via Minas. Karena arah Pelintung Dumai rusak berat tidak bisa dilalui oleh mobil-mobil minibus apalagi jenis sedan. 

 

Gambarkiri: KPA.Bengkalis,(Drs. Faizal Kamil,SH.,MH)ketika menyampaikan materi kepada peserta
Gambarkanan: Para peserta terdiri dari seluruh lapisan lapisan masyarakat sedang khidmat menerima materi dari KPA.Bengkalis

Penyampaian materi dari KPA.Bengkalis yang pertama lalu disusul dari PN, dan Polres. alhasil, acara yang dimulai dari pukul 09.00 WIBsampai dengan 13.00 WIB, KPA.Bengkalis mendapatkan sambutan hangat dengan pertanyaan-pertanyaan diseputar Komplikasi Hukum IslamdanUU Perkawinan, dimulai dari soal  itsbat nikah, kawin sirri, poligami liar, cerai talak dan cerai gugat dst.

Dari jumlah peserta yang lebih dari 100 orang, yang bertanya sekitar 27 orang, 20 orang penanya ditujukan kepada KPA.Bengkalis, ujar beliau KPA.Bengkalis laris manis dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepadanya, sehingga para pesertapun memberikan aplause kepada KPA.Bengkalis yang menyampaikan materi jawaban dengan bahasa lugas tegas dan penuh humor, di Mandau-Pinggir acara program 2 (dua) hari dan hari terakhir di Kec.Pinggir juga KPA.Bengkalis sukses memberikan materi Komplikasi Hukum Islam tsb.

Gambar: Situasi penyuluhan Hukum di Kec. Pinggir

Akhirnya pada tanggal 8 November 2012 WIB, sore tepat jam 17.00 WIBrombongan Penyuluhan Hukum pulang ke Bengkalis melalui jalan darat. ***(Tim redaksi)

{jcomments on}