Mendung kelabu mengiringi acara penuh haru di Pengadilan Agama Rengat hari ini (12/11/2012). Meski sudah menjelang tengah hari, namun kecerahan mentari bagai tertutup awan. Bagaimana tidak, siang ini di Pengadilan Agama Rengat tengah berlangsung acara pengantar tugas bagi 2 orang Hakim yang pindah dari Pengadilan Agama Rengat menuju tempat tugas yang baru. 

Kedua hakim tersebut adalah Dra. Arnetis dan A. Mahfudin S.Ag., MH. Setelah sekian lama mengabdi mengemban tugas negara sebagai pengadil di PA Rengat, kini keduanya harus meninggalkan PA Rengat demi menjalankan amanah negara ke Pengadilan Agama lain. 

  

Dra. Arnetis sendiri sudah mengabdi di Pengadilan Agama Rengat sejak tahun 2006, dan pertengahan tahun ini beliau dimutasi oleh Mahkamah Agung ke PA Pangkalan Kerinci. Sedangkan Bpk A. Mahfudin S.Ag., MH sejak tahun 2009, dan kini beliau harus menjalankan tugas baru sebagai hakim di Pengadilan Agama Tanggamus, Lampung.

Ketika didaulat menyampaikan kesan dan pesan, Dra. Arnetis mengungkapkan kesedihannya meninggalkan PA Rengat. Baginya, begitu banyak kenangan manis yang terukir sejak dirinya mengabdi di salah satu PA tertua di Riau ini. 

"Saya berharap, suatu saat nanti saya dipindahkan lagi ke PA Rengat" ujarnya tidak main-main. 

Begitupun Bapak A. Mahfudin, S.Ag., MH, hakim yang dulunya pernah bertugas di PA Jakarta Selatan ini sampai menitiskan air mata ketika menyampaikan kesan dan pesannya. Ia dan keluarganya begitu terharu ketika teringat pertama kali datang ke PA Rengat bersama 3 rekannya, tapi sekarang ia harus pindah terlebih dahulu. 

Ada kesamaan kesan yang dirasakan kedua hakim ini, yaitu kebersamaan dan kekompakan warga PA Rengat. Kehangan suasana di kantor sehingga menciptakan iklim kerja yang nyaman. Inilah yang dirasakan hampir oleh seluruh hakim dan pegawai. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari peran kepemimpinan Ketua PA dan segenap unsur pimpinan lainnya yang begitu arif dan bijaksana. 

Dalam sambutannya, Ketua PA Rengat Drs. Efrizal, SH., MH mengungkapkan bahwa PA Rengat cukup bersedih dan merasa kehilangan dengan kepindahan 2 orang hakim yang gesit ini. Tapi, hal ini tentu bukan bermakna perpisahan untuk selamanya, oleh karenanya, acara kali ini sengaja diberi tajuk "Pengantar Tugas", bukan "Perpisahan". Sebab, suatu saat nanti mana tahu semua ditakdirkan untuk bertemu kembali dalam satu tempat tugas. 

Di sisi lain, Ketua PA Rengat juga mengungkapkan bahwa kebersamaan dan kekompakan selama ini telah menunjukkan hasil yang bagus. Bahkan, PA Rengat berhasil membangun sebuah mushalla dan lapangan tenis yang bagus dengan biaya swadana, ini semua berkat kekompakan dan kebersamaan. 

Bersamaan dengan acara pengantar tugas ini, diadakan pula acara pelantikan Drs. Baginda yang akan memulai tugas baru sebagai Hakim di Pengadilan Agama Rengat. Sebelumnya, ayah dua anak ini bertugas di Pengadilan Agama Talu (Pasaman, Sumatera Barat). 

Kita ucapkan selamat bertugas kepada Drs. Baginda. (Arman)