Dari kiri : Kapolres (AKBP. Dedi Rahman Dayan, SIK., M.Si), Ketua Pengadilan Negeri (Djonoi Witanto, SH.), Asisten II (H, Safrinal Hedy), Ketua Pengadilan Agama Tembilahan (Drs. Moh Nur, MH.), Kejari (Mawakili) serta pejabat lainnya.Tembilahan | pa-tembilahan.go.id

Hari senin tanggal 12 Nopember 2012 M. bertepatan dengan tanggal 27 Zulhijjah 1433 H. yang bertempat di lapangan upacara Kantor Bupati Indragiri Hilir dilaksanakan acara peringatan hari Pahlawan tahun 2012, sebagai pembinan upacara adalah Dandim (Lrtkol Inf. FP. Tarigan). bertindak sebagai komandan upacara salah satu Anggota Kodim 0314 Indragiri Hilir.

Tampak hadir dalam acara tersebut  Asisten II ( H, Safrinal Hedy), Kapolres (AKBP. Dedi Rahman Dayan, SIK.,M.Si ), Ketua Pengadilan Negeri (Djonoi Witanto, SH.), Ketua Pengadilan Agama Tembilahan (Drs. Moh Nur,MH.), Kejari (Mawakili). para staf ahli, Kepala Dinas dan instansi vertikal, TNI dan Polri, para Pegawai Negeri Sipil, Veteran, Parpol, Organisasi, Mahasiswa, Pelajar dan Ibu-ibu serta undangan lainnya.

Suasana acara dan ziarah di makam pahlawan Yudha Bakti Tembilahan.

Rangkaian acara dimulai dengan penghormatan umum kepada Inspektur upacara, Laporan komandan upacara, Mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara, Pembacaan naskah Pancasila, Pembacaan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Pengebaran bendera merah putih. Amanat Inspektur Upacara yang membacakan sambutan Menteri Sosial RI. Pembacaan Do’a oleh staf Kemenag, Andhik Bayangkari, Laporan Komandan Uapacara (upacara selesai), dan terakhir penghormatan umum kepada Inspektur upacara.

Para veteran dan isteri pejuang kemerdekaan Indragiri Hilir.

Dalam sambutan menteri social yang dibacakan inspektur upaca menyebutkan bahwa pertempuran 10 Nopember di Surabaya  adalah  perjuangan hiroik, suatu perjuangan yang memerlukan pengorbanan  luar biasa  dari para pendahulu negara, baik jiwa, raga maupun harta . Dalam pertempuran tersebut  seluruh komponen bangsa  bersatu padu mengusir penjajah  yang ingin berusaha  menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

“Semangat dan nilai kepahlwanan  yang ditunjukkan dalam pertempuran 10 Nopember tersebut dihayati dan menjadi inspirasi untuk mengisi kemerdekaan. Peringatan hari pahlawan tahun 2012, menajadi momentum Indonesia untuk memwujudkan masyarakat yang sejahtera sebagaimana  yang dicita-citakan para pendahulu negara”. Ujarnya.

Ketua PA. sedang menabur bunga disalah satu makam pahlawan.

Usai apel, inspektur upacara beserta muspida berkesempatan  menyalami dan memberikan bingkisan kepada veteran dan janda pejuang kemerdekaan di Indragiri Hilir.Selang bebarapa saat, acara kemudian dilanjutkan dengan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Yudha Bakti Parit 7 Tembilahan Hulu dengan pemimpin upacara Kapolres (AKBP. Dedi Rahman Dayan, SIK.,M.Si). Kemudian diakhiri dengan  tabur bunga  oleh Inspektur upacara serta muspida dan para pejabat TNI dan Polri pada 21  makam pahlawan yang bersemayam di TMP Yudha Bakti tersebut. (Tim Redaksi ).

{jcomments on}