Website || www.pa-bengkalis.go.id

Kamis (30/09/2021) Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Dr. Hasan Nul Hakim, S.H.I., M.A. menjadi narasumber dalam Webinar antar Bangsa dengan tema Mediasi Sebagai Pilihan Alternatif Dalam Penyelesaian Konflik. Kegiatan ini diadakan oleh Universitas Islam Malaysia (UIM) yang bekerjasama dengan  STIE Syariah Bengkalis. Webinar ini dilaksanakan secara online pada pukul 13.30 WIB.

Acara Webinar Dibuka oleh Prof. Dr. Nazura Abdul Manap yang merupakan Dekan Fakultas Undang-undang Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Pada webinar ini ada 3 orang narasumber yang mengisi acara tersebut yaitu: Dr. (C) Muhammad Ashsubli CHC., S.HI., M.Si. (Dosen STIE Syariah Bengkalis). Prof. Emerita Siti Naaishah Hambali (Ketua Eksekutif & Naib Conselor, Universiti Islam Malaysia) dan Dr. Hasan Nul Hakim, S.H.I., M.A. (Ketua Pengadilan Agama Bengkalis).

Sebelum memulai kegiatan webinar, Prof. Dr. Nazura Abdul Manap sebagai moderator memberikan ucapan tahniah kepada Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Dr. Hasan Nul Hakim, S.H.I., M.A  atas anugrah Hakim Mediator peringkat I Peradilan Agama dalam anugrah Mediasi Mahkamah Agung Republik Indonesia. Tentunya dalam acara webinar mediasi ini dapat berbagi pengalaman kepada peserta Webinar tips cara sukses mendamaikan para pihak yang bersengketa lewat prosedur mediasi sesuai dengan tema “Mediasi Sebagai Pilihan Alternatif Dalam Penyelesaian Konflik”

Usai penjelasan materi oleh 2 narasumber, dilanjutkan Narasumber terakhir Dr. Hasan Nul Hakim, S.H.I., M.A.  Beliau menjelaskan Mediasi merupakan cara penyelesaian sengketa melalui proses perundingan untuk memperoleh kesepakatan Para Pihak dengan dibantu oleh Mediator yang netral. Mediator memiliki posisi strategis dalam melakukan perundingan, oleh karnanya mesti ikhlas, optimis, percaya diri, menguasai masalah dan komitmen cinta perdamaian, mediator juga mesti memiliki kompetensi Pengorganisasian Perundingan, Kompetensi Memfasilitasi, dan Kompetensi Komunikasi” Ungkap beliau

Usai pemaparan materi oleh narasumber, kemudian dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab oleh peserta Webinar antar bangsa. Semoga dengan adanya Webinar ini dapat menambah ilmu bagi peserta Webinar

 

***TIM Redaksi PA Bengkalis***