Pekanbaru||www.pta-pekanbaru.go.id

Pada hari ini kamis, 28 Maret 2024 telah memasuki tanggal 17 Ramadhan 1445 H, PTA Pekanbaru melaksanakan peringatan Nuzul Qur’an yang diisi dengan beberapa kegiatan, yakni pemberian santunan anak yatim, penyerahan zakat profesi, ceramah agama, buka puasa bersama dan sholat berjama’ah. Kegiatan dilaksanakan di aula PTA Pekanbaru yang diikuti oleh personil PTA Pekanbaru beserta keluarga dan undangan pensiunan PTA Pekanbaru.

Kegiatan diawali dengan penyerahan santunan kepada anak yatim, yakni anak dari pegawai dan pensiunan sebanyak 5 orang anak. Santunan diserahkan oleh Ketua PTA Pekabaru Dr. H. Syahril, SH., MH.

Penyerahan zakat profesi untuk PPNPN PTA Pekanbaru diserahkan oleh Wakil Ketua PTA Pekanbaru Dr. Mohamad Jumhari, SH., MH kepada dua orang dari perwakilan PPNPN PTA Pekanbaru.

Dalam sekapur sirih yang disampaikan oleh Ketua PTA Pekanbaru menyampaikan bahwa latar belakang pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menyerahkan santunan anak yatim dan penyerahan zakat profesi kepada yang berhak menerimanya. Dan untuk mempererat hubungan silaturahmi sesama keluarga besar dan pensiunan PTA Pekanbaru. Terkait agenda PTA Pekanbaru pada kegiatan ini, yakni penyerahan zakat, Bapak Ketua PTA Pekanbaru menyampaikan bahwa pada dasarnya zakat diberikan kepada 8 (delapan) asnab.

Menjelang waktu berbuka puasa (azan sholat magrib) kegiatan diisi dengan ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. H. Erman Gani, Mag. (Wakil Dekan Fakultas Syaria’ah dan Hukum UIN Sultan Syarif Kasim Riau). Dalam ceramahnya beliau menyampaikan tentang turunnya ayat Al Qur’an pada malam ke 17 bulan Ramadhan. Al Qur’an turun pada bulan istimewa dan kepada nabi yang istimewa.

Setelah masuk azan Magrib, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan sholat magrib berjama’ah. Setelah masuk waktu sholat isya, dilanjutkan dengan sholat Isya, tarwih dan witir bersama.