Perdana! Penyerahan Produk Inovasi “Lantera” Kerjasama Pengadilan Agama Bengkalis Dengan Disdukcapil Bengkalis

Rabu, 27 April 2022, Untuk pertama kalinya penyeraharan produk inovasi “Lantera” (Layanan Terintegrasi Kelurga) kerjsama Pengadilan Agama Bengakalis dengan Disdukcapil Bengkalis telah berhasil dilaksanakan. Menjadi salah satu dari bagian dari 5 Aplikasi dan 12 Inovasi pelayanan Pengadilan Agama Bengkalis yang telah di lanching pada 15 Maret 2022 lalu, “Lantera” PA Bengkalis hadir memberikan solusi dan kemudahan bagi masyarakat pencari keadilan untuk mendapatkan KK dan KTP dengan status yang baru pasca perceraian.

Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Dr Hasan Nul Hakim, S.H.I.,M.A., didampingi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, Dr Sutomo, S.H.,M.H., dan Bupati Bengkalis, Kasmarni, S.Sos., MMP., melaunching Aplikasi Pengadilan Agama Bengkalis tersebut, yang disaksikan oleh Forkopimda, DPRD Bengkalis Sahraini, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia H, Kapolres Bengkalis diwakili Wakapolres Bengkalis Kompol Irnanda Oktora SIK,MT, Kajari Bengkalis Rahmat Budiman, Kalapas Kelas IIA Bengkalis Edi Mulyono, A.Md.IP, S.Sos, SH,MH, Ketua MKA LAMR Kabupaten Bengkalis Datuk Sri H. Zainuddin Yusuf, Ketua BAZNAS Kabupaten Bengkalis Ali Ambar, Ketua STIE Syariah Bengkalis Khodijah Ishak, Direktur Politeknik Negeri Bengkalis, Ketua STAIN Samsul Nizar serta tamu undangan lainnya.

 

Lantera (Layanan Terintegrasi Keluarga) merupakan inovasi Pengadilan Agama Bengkalis bekerja sama dengan Dinas Pencatatan Sipil untuk Pengajuan permohonan perubahan biodata pasca perceraian, sehingga Pengadilan Agama Bengkalis bisa langsung memberikan produk berupa Kartu Keluarga dan KTP perubahan status setelah akte cerai dikeluarkan kepada masyarakat pencari keadilan.

 

Untuk pertama kalinya penyerahan produk inovasi “Lantera” berupa KK dan KTP berhasil dilaksanakan. Di wakili oleh salah satu perwakilan dari Disdukcapil Bengkalis, penyerahan di lakukan secara langsung kepada Ketua Pengadilan Agama Bengkalis yang didampingi oleh Panmud Gugatan dan CPNS Pengadilan Agama Bengkalis. Tampak bahagia dari kedua belah pihak saat melakukan penyerahan produk KK dan KTP tersebut, yang merupakan kerjasama yang tertuang di dalam MoU dan telah berhasil dilaksanakan dengan baik dan penuh koordinasi.

Ucapan terimakasih disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Bengkalis kepada Disdukcapil yang telah bersedia bekerjasama membantu para pihak dengan memberikan layanan penyerahan KK dan KTP dengan status yang baru kepada pihak pencari keadilan. Begitu pula dengan Disdukcapil yang mengucapkan terimakasih atas sambutan yang begitu hangat serta kesediaan Pengadilan Agama Bengkalis dalam memberikan layanan yang terintegrasi dengan Disdukcapil Bengkalis. Semoga inovasi ini dapat terus berjalan dan membantu memberikan kemudahan kepada para pencari keadilan, Amiin Ya Rabbal Alamin.

***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***